WAKIL WALIKOTA BINJAI SAMBUT KUNJUNGAN AHLI DPR, CAMAT DAN LURAH CHANGKAT JERING, PERAK, MALAYSIA

Binjai, 16 Pebruari 2913, Wakil Walikota Binjai Timbas Tarigan, SE, menerima kunjungan rombongan Ahli DPR, Camat dan Lurah Changkat Malaysia di Aula Pemko Binjai. Wakil walikota didampingi oleh Sekdako Binjai H. Elyuzar Siregar, SH, M.Hum, Kepala Kantor Kemenag Dr. h. Al Ahyu, Ketua MUI Dr. H.M. Jamil, MA.

Walikota dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Walikota mengatakan bahwa kunjungan ini merupakan kehormatan yang sangat bernilai. Kunjungan ini menjadi tonggak awal hubungan kerjasama dan kekeluargaan yang erat antara kota Binjai dengan Kawasan Changkat Jering, Perak Malaysia. Kedua belah pihak dapat menjalin dan berdiskusi terkait dengan pemerintahan, pembangunan, dan sosial kemasyarakatan.

Lanjut beliau, kita akui bahwa secara ketatanegaraan antara Indonesia dengan Malaysia ada perbedaan dalam sistem pemerintahan, namun dari kultur budaya sama dalam rumpun melayu begitu juga dengan mayoritas beragama islam .

Persamaan sosio kultural ini menjadi potensi dan modal yang berharga untuk membangun sebuah hubungan kerjasama (cooperation partnership) antara kedua daerah dalam bidang kebudayaan, keagamaan dan ekonomi.

Kapten (Bersara) Muhammad Osman Bin Muhammad Jailu selaku ketua rombongan mengatakan kunjungan ini merupakan upaya untuk merapatkan silaturrahim antara Binjai dengan Kawasan Changkat Jering, Perak Malaysia. Banyak persamaan diantaranya di Kawasan Changkat terdapat suku Minang, Banjar, Jawa dan sebagainya. Persamaan serumpun menjadikan kedua daerah ini dapat bekerjasama dalam hal persaudaraan yang kemudian dapat membuat program nyata sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kedua belah pihak.

Beliau mengajak masyarakat Binjai khususnya untuk dapat berbagi pengalaman sekaligus perbandingan yang dapat diterapakan secara nyata dikedua belah pihak. “Jangan buat perbedaan” imbuhnya. Peluang yang baik ini hendaknya dapat dimanfaatkan dengan sungguh-sungguh.

Ketua MUI Binjai Dr. H. M. Jamil, MA,  dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan kunjungan ini terlaksana atas kunjungan Ketua MUI Binjai ke kawasan Changkat Jering dalam memberikan kuliah. Kunjungan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat kota Binjai dalam membangun silaturrahmi.

Kunjungan ini dilanjutkan dengan pemberian bantuan pembangunan Mesjid Baiturrahim di Jl. Haji Samanhudi Kelurahan Bhakti Karya Kecamatan Binjai Selatan dan pemberian santunan kepada orang tua/jompo dan tidak mampu dari 5 Kecamatan.