USAID PRIORITAS KABUPATEN LABUHAN BATU BELAJAR PENDIDIKAN DI BINJAI

Binjai(Humas)

Walikota Binjai H.M. Idaham, SH, M.Si, menerima kunjungan belajar Usaid prioritas Kabupaten Labuhan Batu di Aula Pemko Binjai, Jumat (13/12). Hadir dalam acara ini Sekdako H. Elyuzar Siregar, SH, M.Hum, Kadis pendidikan Drs. Dwi Anang Wibowo, M.Pd, kepala Usaid Prioritas Sumut Agus Marwan, Kadis pendidikan Kabupaten Labuhan Batu Iskandar, M.Pd.

Walikota dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemko Binjai sangat peduli dengan pendidikan. Pemko menyadari bahwa kemajuan  suatu kota dan negara tergantung  pada pendidikan karena itu generasi muda sebagai generasi penerus harus memperoleh pendidikan yang layak.

Pemko juga terus berupaya membina dan mendidik para pelajar untuk selalu ingat dan peduli pada budaya bangsa. Sekolah menjadi tempat transfer ilmu pengetahuan dan budaya.  Beliau mencontohkan negara  Jepang sebagai negara  maju namun tetap memelihara budaya tradisional mereka. Kemajuan  pendidikan  bukan ditentukan oleh  kemewahan fasilitas sekolah yang ada, akan tetapi bagaimana peran guru untuk memberikan pelajaran secara sederhana dan interaktif dengan siswa sehingga siswa dapat menyerap ilmu dengan baik. Walikota HM Idaham yang beberapa  waktu lalu sempat mengecap pendidikan di Amerika Serikat memberi gambaran  bagaimana   seorang guru besar di negera Barrack Obama itu  masih menggunakan kapur tulis untuk mengajar di kelas.

Ditambahkan  Idaham, Pemko Binjai telah bermitra dengan Usaid sejak 2006  dan  hingga  kini  kerjasama masih berlanjut  karena  manfaatnya  dinilai cukup  positif  terhadap kemajuan  pendidikan di Binjai.

Menurut kepala Usaid Prioritas Sumut  Agus Marwan kota Binjai dipilih menjadi tempat studi komparatif  karena dinilai berhasil melaksanakan program Usaid. Karena  keberhasilan itu,  maka pihak Usaid  akan membuat  film bertema program “PAKEM” dengan lokasi di sekolah yang ada di kota Binjai. Film ini nantinya akan menjadi bahan pembelajaran sekolah di seluruh Indonesia.

Kepala Dinas pendidikan Drs. Dwi Anang Wibowo, M.Pd, mengatakan  Pemko Binjai sangat mendukung pendidikan. Sebagai bukti nyata untuk pelajar SLTA dan SMK baik negeri dan swasta telah diberikan buku pelajaran gratis, sehingga tidak membebani orang tua siswa. Begitu juga dengan fasilitas sekolah telah disediakan mobiler dengan kualitas dan standar pendidikan. Untuk kurikulum 2013 secara bertahap telah disosialisasikan dan kepada guru telah diberi pelatihan lanjut Anang.