Upaya Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba bagi Pelajar SMA dan SMK se- Kota Binjai

Binjai, Rabu, 28 Nopember 2012, Ketua TP. PKK Kota Binjai, Ny. Lisa Andriani H.M. Idaham, membuka acara Penyuluhan Upaya Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba bagi Pelajar SMA dan SMK se- Kota Binjai di SMA Neg.3 jl.   Binjai. Ny. Lisa Andriani dalam sambutan sekaligus arahannya mengatakan bahwa saat ini sangat memprihatinkan dengan maraknya penyalahgunaan narkoba di Negara kita, dari mulai pelajar SD, SLTP,SLTA dan sampai pada kalangan pejabat terkena narkoba.

Lanjut Ibu Lisa bahwa peran orang tua dan guru sangat penting dalam upaya pencegahan pemakaian narkoba dari pelajar. Berikan kasih sayang kepada pelajar baik dari orang tua maupun guru. Komunikasikan selalu dengan pelajar, apa permasalahan mereka baik di rumah, sekolah dan lingkungan untuk selalu didengar. Kadang kala pelajar enggan menceritakan kepada orang tua, sehingga peran guru akan sangat menentukan. Bagaimanapun permasalahan remaja sangat kompleks.

Adanya pemahaman orang tua yang keliru, dengan memberikan barang atau menyediakan fasilitas atas permintaan dari anaknya sudah menyelesaikan masalah. Memanjakan anak dengan menuruti permintaan anaknya justru akan menghancurkan masa depan mereka. Komunikasi yang berkelanjutan, memberikan waktu diskusi untuk anak, menanyakan permasalahan pendidikan adalah upaya yang efektif untuk mencegah pelajar dari bahaya narkoba, pergaulan bebas dan terbebas dari HIV-AIDS.

Begitu juga dengan peran guru sangat menentukan keberhasilan pelajar. Kewajiban guru bukan saja memberikan mata pelajaran bagi siswanya, akan tetapi peran guru harus dapat mengenali siswa, mengetahui permasalahan yang sedang dihadapi siswa. Berikan waktu untuk diskusi dengan siswa. Berikan pandangan dalam pilihan mana yang buruk mana yang baik.

Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan diskusi panel dengan tanya jawab dari siswa yang membahas bahaya pemakaian narkoba, peredaran, akibat dan pencegahannya. Narasumber kegiatan ini berasal dari Polres binjai Kasat Binmas Ibu Rosdiana, Psikolog Azar Azis, Kesehatan (IDI Binjai) Ibu dr. Roimenita.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Binjai Drs. Dwi Anang Wibowo,M.Pd, mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat guna mencegah siswa dari penyalahgunaan narkoba. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari rangkaian kegiatan yang sama pernah dilaksanakan di SD. Negeri Jati Utomo tanggal 1 Nopember, SMP. Neg.10 Binjai Barat dan berakhir di SMA Neg.3 Binjai Selatan K Binjai. Adapun SMA. Neg.3 terpilih karena sekolah ini mendapat Juara I se- Sumatera Utara untuk kategori Lomba Sosialisasi Pencegahan Narkoba dan HIV-AIDS. Pada acara ini dihadiri ratusan siswa yang mewakili dari setiap sekolah SMK dan SMA baik negeri maupun swasta.