Upacara Bendera dan Ziarah Ke Makam Pahlawan Memperingati Harkitnas di Binjai

Binjai (Humas)

Hari kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke – 104  diperingati  di  Binjai, Senin (21/5) pagi dengan upacara bendera di lapangan Merdeka dan ziarah ke makam pahlawan Syuhada. Peserta upacara terdiri dari Kapolres Binjai AKBP Musa Tampubolon SIk, SH,MSi, Wakil Walikota Timbas Tarigan SE,  para kepala  instansi di lingkungan pemko Binjai, PNS, anggota  TNI,  Polri, pelajar  dan pramuka.  

Kepala kejaksaan negeri Binjai, Bachruddin SH bertindak sebagai inspektur upacara  bendera sekaligus membacakan sambutan tertulis menkominfo Tifatul Sembiring. Sedangkan Kapolres Binjai AKBP Musa Tampubolon SIk, SH,MSi, menjadi inspektur  upacara  pada  acara  ziarah di taman makam pahlawan Syuhada.   Ziarah diawali  dengan penghormatan kepada  pahlawan, dilanjutkan peletakan karangan bunga oleh inspektur upacara  dan  tabur bunga  oleh  seluruh peserta  upacara.

Dalam sambutannya menkominfo mengatakan nasionalisme pada zaman penjajahan adalah perjuangan untuk melepaskan  penjajahan kolonial Belanda. Setelah merdeka, nasionalisme adalah manifestasi kesadaran bernegara yang tumbuh di negara merdeka. Justru di negara merdeka itulah seyogianya nasionalisme dapat berkembang secara leluasa menurut kemampuan dan kemauan para warganegara sendiri tanpa mengalami tekanan dari pihak lain

“Cara berfikir nasionalis dalam membangun Indonesia baru di masa
depan adalah bagaimana mengutamakan kepentingan kehidupan nasional  dan meninggalkan cara  - cara  berpikir individual atau perorangan, cara berpikir kedaerahan, cara berpikir kepartaian atau golongan, dan mutlak meninggalkan cara berpikir kolonial, “ kata menkominfo .

Menkominfo Tifatul Sembiring  mengatakan peringatan Harkitnas yang ke –  104 tahun 2012 ini menjadi penting, apabila nilai-nilai kebangsaan, nilai-nilai persatuan dan kesatuan, nilai-nilai kejujuran, dan nilai-nilai kebersamaan yang menjadi ciri ke-Indonesia-an, yang telah dipelopori oleh para pendahulu kita melalui gerakan “Boedi Oetomo”, dapat dijadikan suatu enerji bagi langkah-langkah kita kedepan.

Ket foto : Wakil Walikota Timbas tarigan SE menaburkan bunga di makam Pahlawan Syuhada Binjai   pada   peringatan Hari kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke – 104  di Binjai