Tim Monitoring PKK Provinsi Sumut Kunjungi Binjai

Binjai(Humas Pemko Binjai)

Tim Monitoring TP PKK Provinsi Sumatera Utara mengunjungi Kota Binjai dalam rangka pembinaan  dan monitoring  kelurahan pelaksana  terbaik tertib administrasi PKK, PKDRT, UP2K PKK,  pemanfaatan  tanah pekarangan, pemanfaatan  hasil tanaman obat keluarga (TOGA), PKK KB kesehatan, PHBS,  LBS  dan Posyandu tahun 2015.  Monitoring dipusatkan di Lapangan Kancil Mas, Kelurahan Timbang Langkat kecamatan Binjai Timur, Jumat (2/10).

Kehadiran tim diketuai oleh Ny Tedja Syarifuddin disambut Wakil ketua TP PKK Kota Binjai Hj. Nova Sri Bulan Elyuzar dan Pj. Walikota diwakili Asisten bidang Pemerintahan  Amran.  Turut  hadir para  camat dan Lurah serta  kader –kader PKK kecamatan dan kelurahan pelaksana terbaik serta  perwakilan  dari  SKPD Pembina  PKK.

Ketua  tim  Ny. Tedja Syarifuddin menjelaskan monitoring bertujuan untuk melihat secara langsung proses berbagai kegiatan yang sedang maupun telah dilakukan oleh TP PKK kota, kecamatan dan kelurahan tentang 10 program pokok PKK  yang didukung  SKPD terkait. Juga untuk mengetahui  apa saja manfaat  yang dirasakan oleh masyarakat  sejak awal pembinaan  sampai saat sekarang serta apa saja masalah yang dihadapi, apa solusi yang dilakukan dan bagaimana hasilnya.

Pj Walikota  dalam sambutan tertulis dibacakan Asisten pemerintahan Amran, mengharapkan  adanya kegiatan pembinaan dan monitoring ini  bisa bermuara kepada penguatan ekonomi  masyarakat. Keberhasilan gerakan PKK  tidak hanya tergambar dengan suksesnya evaluasi atau lomba-lomba di tingkat  kelurahan, kecamatan   atau kota tetapi juga diukur atas sebesar-besarnya manfaatnya di kalangan  warga masyarakat.

Wakil ketua TP PKK Kota Binjai Hj. Nova Elyuzar menjelaskan  berbagai  kegiatan  lanjutan  telah dilaksanakan oleh TP PKK Kota Binjai pasca  kegiatan supervisi oleh TP PKK Provinsi Sumatera Utara beberapa waktu lalu. Antara lain pelatihan pengelola program, pembenahan administrasi, penyuluhan, pemberian bantuan berupa bibit ikan dan bibit tanaman,  dan lain –lain.

Adapun kelurahan  pelaksana terbaik program PKK Kota Binjai  tahun 2015  adalah Kelurahan Bakti Karya sebagai pelaksana tertib administrasi,  kelurahan Tanah Merah  sebagai pelaksana   terbaik  Pencegahan KDRT, kelurahan Sumber Mulio Rejo  sebagai pelaksana  terbaik usaha peningkatan pendapatan keluarga,  kelurahan Limau Mungkur  sebagai pelaksana terbaik  pemanfaatan tanah pekarangan dan kelurahan Timbang Langkat sebagai pelaksana terbaik  pemanfaatan toga