Tim Kesenian Kota Binjai Meriahkan Kuala Lumpur International Drum dan Dance festival 2015

Binjai (Bagian Humas)

Tim Kesenian Kota Binjai mendapat sambutan meriah dari publik Kuala Lumpur yang memadati acara Kuala Lumpur Drum and Dance festival atau Festival Gendang dan Tari Tahun 2015 di Dataran Merdeka, Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu 919/12) malam.

Penampilan Tim kesenian Binjai pada puncak festival disaksikan langsung oleh Pj. Walikota Binjai, Ir. Riadil Akhir Lubis, MSi, sekda H. Elyuzar Siregar SH MHum dan rombongan.

Tim kesenian Kota Binjai dan Kota Bogor hadir di Malaysia mewakili Indonesia untuk kedua kalinya setelah tahun 2014 lalu sebagai undangan dari Jabatan Kebudayaan, Kesenian dan Sukan Dewan Bandaraya Kuala Lumpur. Festival ini dilaksanakan setiap tahun menampilkan kesenian dari berbagai negara yaitu tuan rumah Malaysia, Indonesia, Thailand, Bangladesh, India, Sri langka, Turkmenistan dan Kuba.

Pj. Walikota Binjai Riadil Akhir Lubis mengapresiasi penampilan tim kesenian Binjai yang telah tampil memukau ribuan penonton yang terdiri masyarakat Malaysia dan turis asing. Dia berharap Kota Binjai juga mampu melaksanakan festival kesenian dengan mengundang peserta dari negara lain.
Tim kesenian Binjai tampil selama tiga hari berturut turut dengan iringan music live dan mempersembahkan tari tradisional Sumatera Utara. Pada hari pertama, tim tampil di Menara Kuala Lumpur membawakan tarian Sihutur Sanggul, Kacang Koro dan Tolu Sohundulan. Pada hari kedua di SOGO Kuala Lumpur tim menampilkan tari Lancang Kuning, tari Sohundulan dan Maumere. Pada puncak acara yang berlangsung di Dataran Merdeka Kuala Lumpur membawakan tari Serampang Duabelas dan Selayang Pandang.