Seminar Sehari Rasionalisasi Pemberian Anti Biotika

Binjai, Rabu, 21 Nopember 2012, Walikota Binjai, yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan Drs.H. Arlan Nasution,M.AP membuka secara resmi Seminar sehari Rasionalisasi Pemberian Anti Biotika, Penatalaksanaan DM dan Hipertensi ditinjau dari Parmokologi di aula Pemko Binjai. Dalam sambutannya Walikota mengatakan bahwa permasalahan kesehatan merupakan permasalahan cukup kompleks dan secara langsung mempengaruhi derajat hidup seseorang. Karena itu perlu dibangun suatu kesadaran menerapkan perilaku hidup sehat bagi masyarakat.

Pembangunan bidang kesehatan diupayakan secara bersama, terpadu dan terarah sehingga hasilnya dapat secara langsung dirasakan oleh masyarakat. Dalam pemberian ataupun pemakaian anti biotik kita cenderung mengabaikan ketentuan yang ditetapkan. Begitu juga dengan diabetes mellitus dan hipertensi merupakan penyakit umum yang paling banyak dijumpai saat ini. Pengobatan atau penatalaksanaan  penyakit tersebut membutuhkan waktu lama. Oleh karena itu permasalahan kesehatan diabetes mellitus dan hipertensi harus diperhatikan secara serius dini oleh semua pihak, khususnya masyarakat itu sendiri.

Kepala Askes Kota Binjai, Ratna Dewi Ningsih, SKM dalam laporannya mengatakan bahwa Seminar ini dilaksanakan selama sehari pada hari Rabu 21 Nopember 2012 di aula Pemko Binjai. Seminar sehari dengan thema Rasionalisasi Pemberian Antibiotika, Penatalaksanaan DM dan Hipertensi ditinjau dari Farmakologi diselenggarakan dalam rangka Hari Kesehatan Nasional ke-48 di kota Binjai dengan bekerja sama antara PT.Askes (persero) dengan Dinas Kesehatan Kota Binjai. Adapun tujuan seminar ini diharapakan dapat menambah pengetahuan dan wawasan dalam menangani penyakit yang akhirnya sangat bermanfaat bagi kesehatan masyarakat.

Seminar ini dihadiri oleh seluruh dokter Puskesmas dan dokter Puskesmas Pembantu dan RSU.Dr.Djoelham dengan jumlah peserta 80 Orang,dan dihadiri oleh PT.Askes (Persero) Cabang Utama Medan yang diwakili oleh Kepala Seksi Kemitraan Pengendalian Manfaat, Sri Yulizar Pohan,SE. Adapun Narasumber adalah Prof.Aznan Lelo,Sp.FK dan moderator dr. Khalid Huda Sagala,Sp.PD.

Kepala Dinas Kesehatan yang diwakili oleh Penta Bangun, SKM, mengatakan terima kasih dan apresiasi yang besar kepada PT. Askes (Persero) atas terselenggaranya Seminar dalam rangka rangkaian kegiatan Hari Kesehatan Nasional ke-48. Kegiatan seminar ini sangat berguna untuk menambah pengetahuan dan ketrampilan bidang kesehatan. Hal ini tentunya sangat bermanfaat untuk pengobatan penyakit dan meningkatkan kesehatan masyarakat. Kepada peserta diharapkan agar mengikuti seminar ini dengan sungguh-sungguh agar memperoleh pengetahuan dan keahlian.