SEKDAKO BINJAI TERIMA KUNJUNGAN KOMISI XI DPRD SUMUT

Binjai, Sekretaris Daerah Kota Binjai H. Elyuzar Siregar, SH, M, Hum, menerima kunjungan Komisi XI DPRD Propinsi Sumatera Utara yang dipimpin oleh H. Yan Syahrin di ruang rapat Sekdako, Kamis (5/12). Rombongan komisi XI juga hadir Dra. Ristiawati, Fahru Rozi, SE, Nurul Azhar Lubis.

Sekdako mengatakan bahwa kunjungan ini akan bermanfaat untuk bertukar informasi dan bahan masukan kepada pemerintah Propsu sebagai pertimbangan untuk memperoleh bantuan daerah bawah (BDB). Lanjut Sekda bahwa ada peningkatan jumlah dana yang diberikan setiap tahun untuk Binjai. Hal ini menunjukan perhatian Pemerintah Provinsi Sumut punya komitmen untuk memajukan kota Binjai. Penggunaan BDB selama ini dipergunakan untuk peningkatan kesehatan, pendidikan, infrastruktur.

Dra. Ristiawati menghimbau agar Pemko Binjai melakukan persiapan untuk  Jaminan Kesehatan Nasional/BPJS yang berlaku 2014. Ristiawati juga menghimbau agar Pemko Binjai meningkatkan produksi pangan sebagai program ketahanan nasional. Dinas Pertanian dan Perikanan untuk proaktif dalam penyediaan bibit tanaman pangan dan perikanan. Sebagai dukungannya diharapkan 2014 dinas pertanian dan perikanan agar meningkatkan anggaran BDB menjadi 1 M, hal ini akan sangat mendukung peningkatan produksi pangan.

Sekretaris Kadis pertanian dan perikanan Ir. Husnul Yaqin mengatakan program Pemko Binjai di bidang pertanian holtikultura dan perikanan darat/perikanan air tawar. Husnul menjelaskan bahwa saat ini banyak lahan pertanian beralih fungsi untuk perumahan . Pertanian holtikultura diantaranya jambu air deli hijau yang telah mendapat sertifikat nasional dan menjadi komoditi yang sangat menguntungkan petani dan penangkar benih. Pertanian holtikultura menjadi pilihan karena dapat tumbuh dan menghasilkan pada lahan sedang dan sempit