SEKDAKO BINJAI CANANGKAN GERAKAN TANAM POHON

Binjai, Sekretaris Daerah Kota Binjai H. Elyuzar Siregar, SH, M.Hum, melakukan gerakan penanaman 1 Milyar pohon di lapangan Kelurahan Bakti Karya Kecamatan Binjai Selatan, Rabu (4/12). Gerakan penanaman 1 Milyar pohon dilaksanakan dalam rangka peringatan hari menanam pohon Indonesia (HMPI) dan bulan menanam nasional (BMN) 2013. Dalam kegiatan penanaman pohon ini akan dilanjutkan di sekolah-sekolah dengan jenis bibit tanaman mahoni, pete, durian, jengkol, ketapang, sengon, dan nangka dengan jumlah keseluruhan 2.100 batang.

Sekdako mengatakan bahwa hutan berperan sebagai penyangga kehidupan dan sekaligus menyediakan hasil hutan kayu, kebutuhan pangan, ketersediaan air, sumber energi juga menghasilkan oksigen dan konservasi keanekaragaman hayati. Thema hari menanam pohon Indonesia dan bulan menanam  nasional tahun 2013 adalah “ hutan kota mendorong terwujudnya Indonesia hijau”.

Keberadaan ruang terbuka hijau (RTH) sangat strategis dihubungkan dengan konsep pembangunan kota yang memenuhi aspek ekonomi, sosial dan lingkungan. Idealnya ruang terbuka hijau kota 30 % dari luas kota, sehingga terjaga keserasian dan keseimbangan ekosistem wilayah perkotaan.