RSUD Dr. RM. Djoelham Binjai Raih ISO 9001:2008

Binjai (Humas)
RSUD Dr. R.M. Djoelham Binjai menerima penghargaan Sertifikat ISO 9001:2008   dan menjadi rumah sakit  daerah pertama di Sumatera Utara  yang berhasil memperoleh penghargaan  tersebut .  Sertifikat ISO  diserahkan oleh  Country Director Verification New Zealand Victor Y. Santoso didampingi oleh Presiden Director PT. Qims Intrasindo Ir. Achmad Tirmizi Hutasuhut   kepada  Walikota Binjai H.M. Idaham, SH, M.Si, Selasa (17/12)  di Graha Hotel Kardopa Binjai.

Keberhasilan meraih  sertifikat  ISO disambut  gembira dan  penuh ucapan rasa syukur oleh Walikota Binjai  sembari  mengajak  seluruh personil  di RS  milik Pemko Binjai  ini untuk  terus memperbaiki diri, bekerja sama, bersatu, menjadi SDM yang profesional guna meningkatkan pelayanan bagi pasien. Sebab kunci kepuasan pelanggan terletak pada  sumber daya manusia yang memberi pelayanan.

Walikota  HM Idaham mengatakan  bahwa penghargaan ini merupakan sejarah baru bagi Pemko Binjai khususnya rumah sakit  RSUD Dr. RM Djoelham. Walikota menegaskan bahwa karakteristik rumah sakit pemerintah berbeda dengan rumah sakit swasta yang berorientasi keuntungan. Rumah sakit pemerintah harus melayani pasien rakyat miskin. Karena itu Walikota meminta agar semua pasien dilayani  tidak memandang dari mana asalnya dan jangan ada lagi pertanyaan siapa yang akan membayar biaya perawatan.

Direktur RSUD Dr. RM.Djoelham  dr. T. Amri Fadli mengatakan bahwa proses sertifikasi dimulai April hingga Desember 2013 dengan kegiatan audit eksternal oleh badan sertifikasi internasional verification New Zealand. Adapun ruang lingkup sertifikasi meliputi top management, management representative dan document control, pelayanan medis, penunjang medis, keperawatan, umum, kepegawaian, diklat, keuangan dan rekam medis.

Presiden Director PT. Qims Intrasindo Ir. Achmad Tirmizi Hutasuhut mengatakan dengan adanya sertifikat  ISO  9001- 2008  menunjukkan telah ada program peningkatan pelayanan publik  dan  memberikan kepuasan terhadap pelanggan.  Hal ini menunjukkan ada inisiatif dari Pemko Binjai untuk membenahi palayanan.  Ditambahkannya penghargaan ini merupakan yang pertama  di Sumatera Utara.  Untuk indeks kepuasan masyarakat akan terus dievaluasi untuk perbaikan pelayanan 2014.

“ISO mendorong reformasi birokrasi atas dasar manajemen perubahan dimana ada tujuan dan sistem yang jelas, “ ungkapnya.