RSUD dr. Djoelham Binjai Peroleh Sertifikat ISO 9001:2008

(Binjai,)

Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD) dr. Djoelham Binjai memperoleh sertifikat ISO 2001 : 2008. Tim penilai Kuncoko, MSM, dan  Eviyanti Tarigan, Rabu ( 11/12) , di Graha Kardoba, Jalan Sultan Hasanuddin, menyatakan, dari penilaian selama dua hari di RSUD dr. Djoelham Binjai, wajar memperoleh sertifikat ISO 2001: 2008 dapat diberikan, dengan berbagai syarat, beberapa sistim  yang dinilaikecil perlu  diperbaiki. Dengan ISO 2001: 2008, rumah sakit umum Binjai ini sudah mempunyai sistim  organisasi, manajemen dan sistim kerja yang terukur.

Direktur RSUD dr.  Djoelham  Binjai dr. T. Amri Fadli, sangat gembira dengan keberhasilan memperoleh sertifikat ISO 2001 : 2008. " Kita gembira, dan diharapkan semua potensi RSUD dr. Djoelham, seperti  dokter umum, spesialis, perawat, petugas rekam medik, IGD , apotik dan sistim administrasi serta staf lainnya bekerja sesuai prosedur yang ditetapkan, guna mencapai kepuasan pelanggan," ujarnya. Sebab dengan perolehan sertikat ISO 2001: 2008, sistim kerja di RSUD dr. Djoelham Binjai sudah terukur. Mulai dari pelayanan administrasi, organisasi, keuangan, sistim pelayanan pasien, laporan petugas,harus  dilakukan secara priodik yang ditetapkan.

Tim penilaian Kuncoko, MSM, menyebutkan, rumah sakit yang memperoleh sertifikat ISO 2001 : 2008, berarti mempunyai tata kelola organisasi dan administrasi serta keuangan yang terdata. Sistim manajemen, dan sitim pelayanan petugas dan  fungsi alat yang tersedia ,sampai pasien dirawat dengan tindak lanjut medis yang positip. Dokter dan petugas  harus punya kordinasi pad sistim pelayanan. Sehingga diketahui, jam berapa pasien masuk ke RSUD, jam berapa di layani oleh dokter. Ini semua merupakan kendali mutu guna memberikan pelayan kepada masyarakat.

Begitu juga masalah keuangan, harus punya data oleh internal audit, sehingga tidak terjadi salah prosedur. Kuncoko dan Eviyanti Tarigan, menyatakan dengan sertifikat ISO 2001 : 2008, sistim pelayanan dan manajemen sudah mempunyai kendali. " Sertifikat ISO tidakdiperoleh dengan mudah, sebab dilakukan sistim penilaian yang detail;" ujar Eviyanti Tarigan.  Dir. RSU Binjai, dr. T. Amri Fadly, bersyukur,  dengan penilaian, sehingga memberikan motivasi   staf guna meningkatkan pelayan. Amri  terus bertekad meningkatkan kwalitas RSUD dr. Djoelham Binjai, sehingga mampu meningkatkan kepuasan masyarakat. Walau  kepuasan itu tidak mudah, " Yang banayak hanya keluhan," jelasnya dan moivasi sertifikat ISO 2001: 2008  mampu meningkatan kinerja seluruh petugas RSU dr. Djoelham Binjai.