Rakernas Apeksi 2014, Pemko Binjai Prioritaskan Pembenahan Kualitas SDM

Binjai, (Humas)

Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke X  Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) tahun 2014 membahas kesiapan Pemerintah Kota dalam menghadapi ASEAN Economic Community 2015, dibuka oleh Gubernur Provinsi Riau H Anas Makmun di Ballroom Hotel Comfort  Jalan Jendral Sudirman Kota Dumai Provinsi Riau, Rabu (21/5) pagi.

H. Anas Makmun dalam sambutannya sangat mengapresiasi diadakannya  rakernas  dimana Kota Dumai berkesempatan menjadi tuan rumah. Anas berharap dengan terselenggaranya rakernas dapat terjalin hubungan silaturahmi yang erat serta mendorong semangat para Walikota SeIndonesia untuk dapat membangun  Kotanya  masing-masing, karena pembangunan yang dilakukan semata-mata hanya untuk kepentingan masyarakat.

Kota Binjai diwakili oleh Wakil Walikota Timbas Tarigan SE saat diwawancarai usai pembukaan rakernas  mengatakan dalam menghadapi ASEAN Economic Community 2015 ada empat hal yang menjadi fokus utama yaitu ASEAN sebagai pasar dan produksi tunggal, pembangunan ekonomi bersama, pemerataan ekonomi dan perkuatan daya saing.Dari keempat hal tersebut Pemerintah Daerah di Kota Binjai harus dapat menyikapinya, khususnya yang terkait dengan perkuatan daya saing.

“Dari hasil diskusi panel yang baru saja dilaksanakan dapat saya tarik kesimpulan bahwa yang terpenting yang harus dipersiapkan dalam mengadapi ASEAN Economic Community 2015 adalah dengan memprioritaskan penyiapan Sumber Daya Manusia (SDM),” tegas Timbas.

Kalau suatu Kota sudah memiliki SDM yang berkualitas, lanjut Timbas Tarigan  maka apapun persoalan yang datang dari luar baik itu persaingan di bidang budaya, tenaga kerja dan pendidikan tidak jadi masalah, selama SDM nya mampu, Pemerintah Kota Binjai kedepannya akan lebih fokus dalam peningkatan  kualitas  SDM dengan cara memperbaiki pendidikan. Dengan kualitas  SDM  yang baik maka sudah pasti akan siap menghadapi ASEAN Economic Community 2015.

“Kalau kita tidak mau tersisih dan terpinggirkan   dan jangan sampai kita menjadi buruh di Negeri kita sendiri, maka  saya berpesan mulailah perubahan dari sekarang, karena perubahan itu memerlukan proses dan waktu yang panjang,” tegas Timbas.

Timbas Tarigan menambahkan salah satu persiapan yang dapat dilakukan yaitu dengan memperbaiki program kedepan, dan harus konsisten dalam melakukan program kerja serta tidak lupa melakukan evaluasi terhadap program yang sudah berjalan sehingga dapat diketahui apa kekurangan dan kelebihannya.

Walikota Dumai H Khairul Anwar selaku tuan rumah penyelenggaraan Rakernas Apeksi X tahun 2014 sangat berterimakasih kerena telah dipercaya dan diberi kesempatan menjadi tuan rumah.

Dikatakannya, Kota Dumai terpilih menjadi tuan rumah tentunya merupakan kesempatan emas sebagai ajang memperkenalkan Kota Dumai sebagai Kota yang terbesar di Indonesia serta merupakan kota  industri karena memiliki pelabuhan dan sebagai Kota pengolahan minyak dan tentunya sudah siap untuk menghadapi ASEAN Economic Community 2015.

Walikota Manado yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pengurus Asosiasi pemerintah Kota Seluruh Indonesia Dr G S Vicky Lumentut MSi DEA atas nama dewan pengurus mengucapkan terimakasih kepada 98 peserta Apeksi Walikota atau yang mewakili.

“Jadikan Apeksi ini sebagai kesempatan bertukar pendapat dan pengalaman untuk membangun Kotanya masing-masing,” ungkapnya.

Usai pembukaan Rakernas Apeksi ke X tahun 2014 acara dilanjutkan dengan pawai budaya nusantara sekaligus pembukaan city expo Indonesia yang merupakan ajang promosi kota seIndonesia untuk mengenalkan potensi dan produk unggulan kota dalam menghadapi ASEAN Economic Community, dimana acara city expo dipusatkan di Taman Bukit Gelanggang Kota Dumai.