PT. PHILIPS INDONESIA TERTARIK JALIN KERJASAMA DENGAN PEMKO BINJAI

Binjai (Humas) Walikota Binjai H.M. Idaham, SH, M.Si, menerima kunjungan GM. PT. Philips Indonesia Chandra Vaidyanathan di rumah dinas Walikota, Sabtu (15/3). Walikota didampingi oleh Sekdako H. Elyuzar Siregar, SH, M.Hum, Asisten Ekbang Drs. Hamdani Hasibuan, Staf ahli Walikota bidang Pembangunan Drs. M. Tulen.M.AP, kepala dinas Kebersihan dan Pertamanan Irwansyah Nasution, S.Sos, kepala BLH Drs. Aspian, M.AP.

Dalam pertemuan ini , Walikota mengatakan bahwa hingga 5 tahun kedepan krisis listrik di Sumatera Utara akan berlanjut . Hal ini menjadi dorongan bagi Pemko Binjai untuk dapat mengatasi dengan solusi penggunaan energi terbarukan yakni solar cell.  Solar cell merupakan pembangkit listrik yang mampu mengkonversi sinar matahari menjadi arus listrik.Lanjut Walikota untuk tahap awal penggunaan energi terbarukan ini Pemko Binjai menawarkan kepada pihak Philips pada infrastruktur bangunan yakni di perkantoran, Puskesmas dan  sekolah. Hal ini beralasan untuk kelancaran pelayanan pada masyarakat, pendidikan dapat berjalan. Juga alasan lain mencegah kerusakan alat-alat kesehatan yang berada di Puskesmas akibat pemadaman listrik berulang kali dan  menghemat energi dan biaya yang pada gilirannya dapat menjadikan eco smart building. Ditambahkannya bahwa telah ada kerjasama antara Pemko Binjai dan PT. Philips Indonesia dalam penggunaan lampu penerangan jalan yakni lighting emiting diode (LED).

GM. PT. Philips Indonesia Chandra Vaidyanathan mengatakan bahwa kunjungannya kali ini untuk memperkenalkan diri sehubungan dengan tugas barunya di Indonesia sekaligus untuk penjajakan kerjasama pemanfaatan energi ramah lingkungan. Setelah mendapat penjelasan Walikota Binjai akan penggunaan solar cell dan potensi yang ada di kota Binjai, Chandra sangat tertarik untuk bekerjasama dengan Pemko Binjai. Pihak Philips akan kembali melakukan study kelayakan dan teknis sehingga diperoleh kebutuhan energi penggunaan solar cell. Chandra menambahkan bahwa pihak Philips telah melakukan kerjasama dengan Kementerian Perumahan Rakyat dan sekolah Pesantren di Jawa.