PT. Bank Negara Indonesia Memberikan “Rumah Untuk Guru Ku”

Binjai, Senin, 3 Desember 2012, Walikota Binjai, H. M. Idaham, SH, M.Si menghadiri Peringatan Hari Guru Nasional 2012 dan HUT ke-67 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) di halaman SMK.Neg.2 Binjai. Walikota selaku Pembina upacara. Sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang dibacakan oleh Walikota Binjai menyampaikan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas dedikasinya, komitmen, dan segala ikhtiar yang telah dilakukan oleh para guru, tenaga pendidik dan kependidikan, dalam mencerdasarkan kehidupan bangsa.

Pendidikan merupakan sistem rekayasa sosial terbaik untuk meningkatkan kesejahteraan, keharkatan dan kemartabatan suatu bangsa. Guru adalah tongggak utama dalam pendidikan, karena itulah guru dijadikan sebagai profesi yang mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan profesionalitasnya, perlindungan dan jaminan kesejahteraan.  Bahwa peningkatan kesejahteraan guru akan meningkatkan kualitas pendidikan belum signifikan. Akan tetapi ada aspek yang perlu ditingkatkan yaitu Kompetensi Guru dalam pemahaman substansial bahan ajar, Pedagogi, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial. Inilah aspek yang harus diberi perhatian khusus dalam rencana implementasi kurikulum 2013.

Pada kurikulum 2013 nanti, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan berbasis sains yakni mendorong siswa agar mampu lebih baik dalam melakukan observasi, bertanya, bernalar dan mengkomunikasikan .

Segala upaya untuk meningkatkan profesionalitas guru terus dilakukan dengan uji kompetensi awal (UKA), uji kompetensi guru (UKG),peningkatan kompetensi berkelanjutan (PKB), pengukuran kinerja guru dan peningkatan kualitas lembaga penyelenggara pendidikan keguruan (LPTK).

Disisi lain yang perlu ditegakkan adalah kode etik guru dan prinsip-prinsip profesionalitas sesuai dengan amanat undang-undang. Kode etik guru menjadi penentu kelayakan guru dalam menjalankan tugas profesionalnya.

Pada peringatan hari guru ini juga dilakukan pemberian penghargaan kepada  guru berprestasi, guru pensiun, siswa berprestasi. Diantaranya ibu Ali Muryati sebagai penerima penghargaan Kalpataru dari Presiden 2012.

Sebagai bukti kepedulian atas jasa dan bhakti guru di Binjai Pemko Binjai dengan PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor wilayah medan memberikan “Rumah Untuk Guru Ku”, dan merupakan apresiasi BNI dalam memperingati Hari Guru di kota Binjai. Kepedulian ini dilakukan dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama Penyaluran fasilitas kredit bagi guru PNS dan Non PNS serta PNS kota Binjai dengan program rumah untuk guru anatara Permko Binjai, H.M. Idaham, SH, M.Si dengan  CEO BNI wilayah Medan, Johny R. Tampubolon.

Tampubolon mengatakan bahwa kerjasama ini merupakan komitmen BNI bersama Pemko Binjai untuk berperan aktif  mengentaskan backlog sebagaimana yang diamanatkan oleh pemerintah pusat melalui Kementrian Perumahan Negara. BNI berharap melalui Program Rumah untuk Guru Ku sudah tidak ada lagi backlog untuk kalangan guru PNS dan Non PNS. Program ini sebagai apresiasi BNI atas tugas mulia para guru dalam dunia pendidikan mendidik anak bangsa yang menghasilkan generasi penerus bangsa.

Guna memenuhi kebutuhan rumah BNI bekerjasama dengan para pengembang lokal di Binjai akan siap memberikan  rumah yang layak huni dan asri, guru tinggal pilih rumahnya dan BNI menyiapkan uangnya. Perumahan yang telah ikut dalam kerjasama ini telah tersebar di kota Binjai. Program ini merupakan Pilot Project dan dimulai di kota Binjai. Untuk memudahkan bagi guru dalam memiliki rumah, BNI  bekerjasama dengan Bapertarum PNS yang siap memberikan fasilitas tambahan uang muka.