Polres Binjai Siapkan 6 Pospam Lebaran

Binjai, (Analisa). Polres Binjai menyiapkan enam Pos Pengaman (Pospam) Lebaran pada beberapa kawasan di Kota Binjai dan sekitarnya, selama 16 hari pelaksanaan Operasi Ketupat Toba 2013 Polres Binjai atau terhitung sejak 2 hingga 17 Agustus mendatang.

Setiap pos sengaja disiapkan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadi aksi kejahatan, gangguan kemananan, tindak pelanggaran hukum, serta kemacetan dan kecelakaan lalu lintas menjelang dan selama musim libur panjang perayaan Idulfitri.

Hal itu diungkapkan Kapolres Binjai AKBP Musa Tampubolon didampingi Kabag Ops Kompol M Adenan AS usai menggelar Apel Gelar Pasukan pelaksanaan Operasi Ketupat Toba 2013 di Lapangan Sepakbola Mapolres Binjai, Kamis (1/8) pagi.


“Dalam operasi kali ini, kita siagakan sebanyak 610 personil Polri, untuk setiap pospam disiagakan seluruhnya 203 personil yang bertugas dalam dua shift. Terdiri dari gabungan personil Polri dan TNI, serta beberapa petugas dari instansi terkait dan organisasi kemasyarakatan,” ungkap Kapolres.

Selain itu, masing-masing pos disiagakan khusus selama 24 jam sebagai pusat pelayanan hukum dan pengaduan masyarakat. Hal lainnya, pos-pos tadi bisa juga digunakan sebagai lokasi peristirahatan dan pelayanan kesehatan alternatif para pemudik dari luar kota.”

Dia mengaku, sudah menentukan sejumlah lokasi penempatan masing-masing pospam. Pemilihan lokasi ditentukan berdasarkan tingkat kerawanan, keamanan, arus mobilisasi dan kepadatan penduduk.Lokasinya,

Pospam I di Tanah Lapang Merdeka Binjai Kelurahan Tangsi Kecamatan Binjai Kota dengan penanggungjawab Kapolsek Binjai Kota Kompol ZA Harahap.

Pospam II berada di Jalan Soekarno Hatta dekat pusat perbelanjaan Binjai Super Mall Kelurahan Tanah Tinggi Kecamatan Binjai Timur dengan penanggungjawab Kasat Lantas Polres Binjai AKP Agus Darmono.

Pospam III terletak di Jalan Soekarno-Hatta Simpang Turiam Kelurahan Dataran Tinggi Kecamatan Binjai Timur dengan penanggungjawab Kapolsek Binjai Timur AKP Ismui.

Pospam IV terletak di Jalan Baru Tandam Hulu Kelurahan Jati Karya Kecamatan Binjai Utara dengan penanggungjawab Kapolsek Binjai Utara Kompol Widya Budhi Hartati.

Serta Pospam V di Jalan Raya Binjai-Stabat Desa Tandam Hulu II Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang dengan penanggungjawab Kapolsek Binjai AKP Zakaria Lubis.

Sedang Pospam VI yang juga difungsikan sebagai pos pemantau dan pengurai kemacetan, berada di kawasan Tugu Perjuangan Binjai dengan penanggungjawab diberikan secara bergilir koordinator masing-masing petugas gabungan TNI-Polri yang telah disiagakan.

Kapolres mengingatkan masyarakat untuk lebih waspada dan berhati-hati.

Bagi masyarakat yang hendak bepergian atau berlibur meninggalkan rumah dalam kurun waktu lama, dia mengimbau agar memastikan keamanan dan keselamatan rumahnya masing-masing guna mengantisipasi terjadi aksi pencurian, bencana kebakaran dan hal-hal negatif lainnya.

“Kami meminta masyarakat untuk selalu waspada dan berhati-hati saat meninggalkan rumah dalam waktu lama. Pastikan semua pintu sudah terkunci. Jangan lupa titipkan barang berharga ke tetangga atau orang dipercaya. Segera laporkan bila ditemukan indikasi kejahatan,” ujar Kapolres. (wa)