PKK Diharapkan Kembangkan Koperasi di Tiap Kelurahan

PKK Diharapkan Kembangkan Koperasi di Tiap Kelurahan

Binjai (Humas Pemko)
Koperasi diharapkan kembali memasyarakat karena melalui koperasi dapat meningkatkan pendapatan ekonomi para anggotanya dan mensejahterakan keluarga.

“Tidaklah mudah menjalankan koperasi selama kita tidak memiliki pemahaman yang sama mengenai sistem kerja koperasi”, kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Binjai Drs. H. Eka Edi Saputra, pada Penyuluhan Koperasi Kelurahan Binaan PKK Tahun Anggaran 2017, Jumat (11/8) di aula Dinas Kesehatan Kota Binjai, Jalan Gatot Subroto No. 191 Binjai Timur.
Eka menambahkan, koperasi yang mampu bertahan umumnya adalah koperasi yang memiliki anggota pegawai negeri sipil, dimana iuran perbulannya langsung dibayarkan dengan cara pemotongan gaji.

Wakil Ketua I TP-PKK Kota Binjai Hj Nani Timbas Tarigan selaku narasumber mengatakan koperasi bertujuan untuk meningkatkan ekonomi anggota. Melalui koperasi anggota belajar efektifitas dan efisiensi dalam mengelola usaha, saling memberi dan menerima atau gotong royong antara sesama anggota koperasi dan manfaat – manfaat lain koperasi yang dikelola secara demokratis, terbuka dan berkeadilan.

Nani berharap setelah kegiatan ini PKK mampu mendirikan dan mengembangkan minimal 1 koperasi disetiap kelurahan. Mengingat bahwa salah satu prioritas program Pokja II PKK adalah pengembangan kehidupan berkoperasi yang antara lain memotivasi keluarga agar mau menjadi anggota koperasi untuk meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga .
“Karena masalah ekonomi merupakan salah satu faktor penyebab meningkatnya angka perceraian di Indonesia”, kata Nani pada penyuluhan yang diikuti Tim Penggerak PKK Kecamatan se-Kota Binjai.