PKK Kota Binjai Kunjungan kerja ke Kabupaten Maros

Binjai (Bagian Humas)

Ketua TP PKK Kota Binjai  Hj. Lisa Andriani Idaham S.Psi melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan, untuk melihat langsung kegiatan yang dilakukan oleh PKK kabupatan Maros, Selasa-Rabu (7-8/4).  Kunjungan Lisa  dan rombongan   disambut ketua TP PKK kabupaten Maros Hj. Suraida  Hatta  dan diajak  menyaksikan  Taman Penitipan Anak (TPA),  ruang laktasi  dan  tempat  pengaduan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) sebagai bagian dari pemenuhan hak-hak perempuan khususnya ibu-ibu PNS yang berada dalam lingkup Pemkab Maros.

Menurut Suraida Hatta TPA yang berlokasi di lantai 1  kantor  bupati Maros ini  sudah memenuhi standar ideal TPA yakni  ada alat permainan edukatif  dalam dan luar, juga pengasuh  yang  profesional. TPA terdiri dari beberapa  ruangan seperti ruangan bermain anak-anak, ruangan khusus untuk makan anak-anak  dan untuk tidur  siang.

“ Disini anak –anak tidak hanya  bermain, mereka juga diajarkan disiplin, pada  jam  makan mereka makan  di ruang makan, pada jam  istirahat mereka  tidur siang disini, “ kata Suraida Hatta sembari menunjukkan  ruangan yang berisi beberapa  tempat tidur.

Suraida  Hatta  juga memperlihatkan kantin dan  koperasi  yang dikelola TP PKK Kabupaten Maros, lokasinya masih berada di lantai 1  kantor Bupati Maros . Koperasi  Maros melayani  pembayaran rekening listrik, air , penjualan tiket  pesawat dan berbagai tagihan online lainnya.

Lisa dan rombongan juga  meninjau  tempat pengemasan olahan ikan,   posyandu Mario  Pulana  di kelurahan  Pettuadae kec. Turikale, bank  sampah dan  daur ulang sampah.

Dalam kunjungannya , ketua  TP PKK Kota Binjai  Lisa  Andriani Idaham disertai  Wakil  ketua  Hj. Nova Elyuzar, Erni Mahfullah,Yusni Dwi Anang, Warhani Fadlan  dan pengurus lainnya.  Juga sejumlah kepala  SKPD terkait antara lain kepala  dinas kesehatan dr.Melyani Bangun, Dirut RSUD Dr. Djoelham dr. Mahaniari Manalu, Kepala Dinas sosial tenaga Kerja Nani Sundari, Kabag Orta  Melfa Fajarina, kepala kantor perpustakaan dan arsip Mukramah, staf ahli Walikota Mustika Hadrah, Asisten bidang ekbang Hamdani Hasibuan, kabag perekonomian Ahmad Ilham.              

Menurut Lisa  Idaham,  tujuan kunjungan  kerja ini  untuk  menjalin silaturahim sekaligus untuk mengetahui   lebih dalam  tentang kegiatan PKK  Kabupaten Maros. Lisa menilai  kegiatan     TPA, tempat pengaduan KDRT, kantin dan  koperasi , patut dicontoh  untuk menjadi  program kerja PKK  Kota Binjai  bekerjasama dengan SKPD terkait.    

“ Banyak manfaat yang bisa kita petik  untuk kita terapkan di  Binjai, ‘ kata Lisa.

Kunjungan kerja diakhiri  dengan saling menukar cenderamata  antara  ketua TP Kota Binjai   Lisa  Andriani Idaham  dan pemko Binjai  diwakili Asisten bidang ekbang Hamdani Hasibuan  dengan ketua TP PKK  kab. Maros Hj. Suraida Hatta.