Pj.Walikota Binjai Pimpin Apel Akbar Siaga Pilkada

Binjai (Humas) Persiapan pelaksanaan Pilkada Serentak 9 Desember di Kota Binjai , Sabtu  (5/12) pagi tadi  digelar di Lapangan Merdeka Binjai Jalan Veteran Kelurahan Tangsi Kecamatan Binjai Kota .

Pj.Walikota Binjai Ir.Riadil Akhir Lubis  mengajak agar semua komponen masyarakat yang akan terlibat dalam penyelenggaraan Pilkada baik Linmas, Petugas PPS, PPK hingga aparat TNI/Polri dan Polisi Pamong Praja untuk bergandengan tangan guna mensukseskan hajatan pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

“Saya mengajak marilah kita bertugas secara profesional dan netral, kita harus junjung tinggi asas Luber (Langsung Umum Bebas dan Rahasia) dan tidak terjebak politik praktis.

Pelaksanaan apel akbar siaga ini adalah bukti nyata bahwa pelaksanaan pilkada serentak tahun 2015 di Kota Binjai sudah siap untuk dilaksanakan , dan ini semua dapat terwujud karena kerjasama semua pihak dalam melaksankan tugas dan fungsi masing - masing . Artinya Pemerintah telah memfasilitasi penyelenggaraan pilkada , termasuk anggaran dana yang dibutuhkan , baik untuk KPU , Panwaslih , serta pengamanan oleh Polri dan TNI , KPU Kota Binjai dan Panwaslih sudah bekerja secara maksimal , begitu juga Polres Binjai dan Kodim 0203/Langkat sudah melaksankan pengaman secara maksimal.

Untuk suksesnya Pelaksanaan Pilkada serentak di Kota Binjai sangat dibutuhkan dukungan semua pihak , termasuk kita semua yang hadir pada apel akbar siaga Pilkada Kota Binjai hari ini , khususnya saudara yang sudah terpilih sebagai petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) disetiap TPS dituntut untuk bekerja dengan sungguh dan tanggung jawab dengan mengedepankan kejujuran , kecermatan dalam melaksankan tugas yang diberikan.

Puncak daripada penyelenggaraan Pilkada ini adalah pada saat pencoblosan dan penghitungan suara di TPS , tingkat kehadiran pemilih sangay diharapkan meningkat dari pemilu legislatif dan pemilu Presiden tahun 2014 yang lalu . Begitu juga dengan peningkatan kinerja petugas KPPS harus lebih ditingkatkan dan perlu mendapat perhatian yang serius.

Pj.Walikota juga sangat mengharapkan adanya kesadaran semua pihak kesadaran semua pihak untuk mematuhi peraturan perundang- undangan yang telah disepakati bersama , kesemuanya itu memberi makna bahwa keberhasilan pilkada kota binjai merupakan tugas dan tanggung jawab kita seluruh masyarakat kota binjai dan komponen - komponen yang terdapat didalam jajaran struktur politik maupun infra struktur politik dan pemerintah daerah berkewajiban untuk melaksanakan pembinaan demokrasi dan politik di Kota Binjai.

Pemilihan kepala daerah secara langsung, masih dianggap sebagai pilihan terbaik karena membuka kesempatan yang lebih partisipatif bagi masyarakat. Untuk itu, dengan adanya keterlibatan secara langsung komponen warga masyarakat ini. Tentunya bisa meredam dan meminimslisir gangguan keamanan dan kamtibmas jelang atau sesudah berakhirnya pesta demokrasi,” ujar Riadil.

Tidak hanya itu, Riadil  mengingatkan agar semua pihak menjaga dan mengedepankan seluruh kepentingan publik, diakuinya bahwa proses untuk mewujudkan Pilkada damai serta kondusif harus dimulai dengan adanya perubahan kesadaran masyarakat.

”Karena diakui bersama, kepentingan masyarakat secara umum jauh lebih penting dan prioritas dibanding segalanya. Kesadaran dan pemahaman yang benar ini, akan mendorong setiap anggota masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga kondusifitas proses pelaksanaan Pilkada serentak ini. Jadi kita harus rapatkan barisan, agar tidak ada celah yang dapat disusupi oleh kepentingan pribadi atau golongan tertentu.
Pada acara ini juga dilaksanakan simulasi pemungutan suara