Pj. Walikota Binjai Buka Pelatihan Personil BPBD Binjai

Pj. Walikota Binjai Buka Pelatihan Personil BPBD

Binjai (Bagian Humas)
Pj. Walikota Binjai, Ir.Riadil Akhir Lubis MSi, membuka kegiatan pelatihan dalam rangka peningkatan kualitas dan kapasitas sumber daya aparatur Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Binjai, di asrama batalyon infantri 100/raider Namu Sira-Sira, Senin (15/2). Pelatihan atas kerjasama BPBD Kota Binjai dengan Yonif 100/raider Kodam I/Bukit Barisan akan berlangsung selama tiga hari diikuti 190 personil BPBD Kota Binjai.


Pj. Walikota Binjai mengatakan datangnya bencana tidak diketahui dengan tepat sehingga kita diharuskan untuk meningkatkan kesiap-siagaan dan tanggap atas bencana yang mungkin terjadi. Selain manajemen pengelolaan bencana, salah satu hal yang mendukung kinerja BPBD adalah kemampuan fisik dan mental yang handal, kuat dan tangguh. Karena itu aparatur BPBD perlu rutin melakukan latihan kebugaran fisik dan senantiasa siaga setiap kali ada panggilan tugas kebencanaan.
“Tersedianya aparatur yang handal adalah untuk kebaikan aparatur itu sendiri, yakni untuk terciptanya kenyamanan dan keselamatan semua aparatur ketika bertugas di tengah bencana,” kata Riadil Akhir Lubis.

Ditambahkannya BPBD harus memiliki rencana aksi daerah penanggulangan bencana antara lain bencana kebakaran, asap, banjir, longsor angin puting beliung , gempa bumi dan epidemi penyakit. Perlu juga mensosialisasikan teknik-teknik penanggulangan bencana kepada masyarakat, sekolah- sekolah dan perkantoran.