Perkuat Kebersamaan Membangun Binjai

Binjai (Humas Pemko)
Pemerintah Kota (Pemko) Binjai menggelar acara doa bersama dengan seluruh unsur agama di Pendopo Umar Baki, Jalan Veteran, Kecamatan Binjai Kota, Jumat (19/5). Kegiatan ini sekaligus menjadi acara penutup dari seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari jadi Kota Binjai ke 145 tahun 2017.

Doa bersama dihadiri oleh Walikota Binjai, HM Idaham, Sekdako, M Mafullah P Daulay, segenap unsur SKPD dan FKPD di jajaran Pemko Binjai, tokoh agama Islam, Kristen Protestan, Kristen Katolik, Hindu, dan Budha, tokoh pemuda, tokoh etnis, serta segenap masyarakat Kota Binjai .

Walikota Binjai, HM Idaham, atas nama Pemko Binjai mengucapkan terimakasih, serta apresiasi kepada semua tokoh agama, dan masyarakat yang ikut hadir dalam acara doa bersama sebagai rangkaian penutup HUT Binjai.

"Hari ini cukup bersejarah, karena kita disini hadir bersama mewakili elemen masyarakat yang tinggal di Kota Binjai. Kebersamaan adalah satu hal yang harus kita jaga, kebersamaan merupakan satu kenikmatan yang dapat kita rasakan, mari kita perkuat kebersamaan membangun Binjai," pinta Walikota.

Masyarakat Binjai terdiri dari agama, suku, dan adat istiadat yang beragam dan heterogen. Namun dengan perbedaan tersebut tidak pernah terjadi benturan dan permasalahan dari perbedaan tersebut.

"Hal itu terbukti di usianya yang sudah ke 145 tahun, tidak pernah ada perselisihan antar agama, dan etnis, masyarakat Kota Binjai menjunjung tinggi nilai-nilai persaudaran, menghargai perbedaan antar umat beragama, sehingga masyarakat hidup berdampingan, dengan penuh rasa kekeluargaan," pungkasnya.

Pada kesempatan itu, Walikota mewakili Pemko Binjai serta masyarakat Kota Binjai yang beragama Islam, memohon maaf lahir dan batin, karena beberapa hari lagi umat Islam akan menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1438 Hijriah.

Kakan kemenag Kota Binjai, H Al Ahyu, menegaskan bahwa kegiatan ini bertujuan mempererat silaturahmi antara seluruh umat beragama, dan masyarakat Kota Binjai. Acara doa bersama hari ini merupakan wujud rasa syukur seluruh umat beragama, atas hari jadi Kota Binjai, juga rasa syukur bahwa selama ini hubungan antara umat beragama berjalan harmonis.

"Kita bersyukur atas kebersamaan yang telah terbangun, betapapun dinamika yang saat ini sedang terjadi, tetapi masyarakat Binjai kita tidak terpancing," kata Al Ahyu.

Ia berharap kedepan seluruh umat beragama yang ada di Binjai, berlomba-lomba untuk mengisi pembangunan. Pemko Binjai selalu memberikan perhatian dan dukungan terhadap segala kegiatan yang berkaitan dengan keagamaan.

"Dengan doa bersama ini mari kita tingkatkan rasa kebersamaan, acara ini bukan hanya sekedar simbolis, tetapi tanamkan dalam hati untuk mencintai Kota Binjai, semoga Binjai semakin maju dengan bantuan dan partisipasi seluruh umat beragama," harap kakan kemenag

Acara diakhiri dengan doa bersama dipimpin oleh Sekretaris MUI Kota Binjai.