Peringati HUT ke 69 Kemerdekaan RI, Warga Binjai Sangat Antusias

Binjai, (Humas)
 
Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 69 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2014 digelar upacara bendera bertempat di Lapangan Merdeka Kota Binjai, Minggu (17/8) pagi.
 
Tepat pukul 10.00 WIB teks proklamasi dibacakan oleh Ketua DPRD Kota Binjai Zainuddin Purba di hadapan seluruh peserta upacara diantaranya Walikota Binjai HM Idaham SH MSi selaku inspektur  upacara , Wakil Walikota Binjai Timbas Tarigan, Kapolres Kota Binjai AKBP Marcellino Sampouw, Sekretaris Daerah Kota Binjai Elyuzar Siregar dan seluruh unsur Muspida Kota Binjai.
 
Walikota Binjai HM Idaham SH MSi usai menggelar upacara bendera mengatakan peringatan HUT ke 69 Kemeredekaan RI tahun 2014 terlihat masyarakat sangat antusias menyaksikan pengibaran sangsaka merah putih.
 
“Tahun ini antusias masyarakat sangat tinggi dalam menyambut dan memperingati HUT ke 69 RI, terbukti begitu banyaknya masyarakat yang hadir untuk menyaksikan pengibaran sangsaka merah putih maupun di beberapa tempat masyarakat begitu menyambut dengan baik,” ungkap Idaham.
 
Ia menambahkan antusiasnya masyarakat sangat tinggi dikarenakan masih tingginya rasa memiliki dan bangga menjadi bangsa Indonesia. Kemerdekaan Republik Indonesia adalah milik kita, milik semua bangsa ini.
 
Antusias masyarakat sangat tinggi salah satunya karena ingin menyaksikan pengibaran sangsaka merah putih oleh Pasukan Pengibaran Bendera Pusaka (Paskibraka), walaupun sempat terjadi insiden kecil sebelum pengibaran bendera, beberapa anggota Paskibraka jatuh pingsan, sehingga mengurangi jumlah formasi dalam pengibaran bendera.
 
Namun hal tersebut tidak mengurangi rasa hikmat dalam pelaksanakan upacara bendera Peringatan HUT ke 69 Kemerdekaan RI.
 
 
“Kita lihat bersama hari ini anggota Paskibraka telah melaksanakan tugasnya dengan baik dan mereka telah berhasil mengibarkan bendera sangsaka merah putih, walaupun ada beberapa anggota Paskibraka yang jatuh pingsan sebelum melaksanakan tugasnya untuk mengibarkan bendera. Mungkin ada beberapa faktor yang menyebabkan mereka jatuh pingsan salah satunya kondisi fisik yang menurun karena terlalu banyak latihan, factor mental,” jelas Idaham.
 
Ditambahkannya, tahun depan untuk anggota Paskibraka akan dilakukan beberapa evaluasi, pertama dari segi rekrutmen dan intensitas latihan akan lebih diperhatikan.
 
Pada kesempatan tersebut turut diberikan bantuan tali asih kepada 180 orang veteran Kota Binjai, dimana bantuan yang diberikan berupa beras, minyak goring, gula dan kain sarung.