PERINGATAN HARI RELAWAN INTERNASIONAL DAN HARI RELAWAN PMI

Binjai, Rabu, 26 Desember 2012, Hari relawan Internasional 5 desember 2012 dan Hari Relawan Palang Merah Indonesia (PMI) 26 Desember 2012 diperingati di Binjai. Peringatan ini dilaksanakan dengan Apel  Hari Relawan dan Pelepasan Peserta Kemping Bersama di Sibolangit serta Ujian Praktek Palang Merah Remaja (PMR) se- Kota Binjai di Gedung Olah Raga Binjai, dengan pembina upacara Ketua PMI Binjai, Lisa Andriani H.M. Idaham.

Dalam kegiatan Peringatan Hari relawan Innternasional dan Hari Relawan juga dilaksanakan penyerahan Bunga, Stiker dan Keranjang  Sampah untuk setiap pengendara yang lewat di jalan Jend. Sudirman Binjai.

Ketua PMI Kota Binjai, Lisa Andrani H.M. Idaham dalam sambutannya melalui sambutan Ketua Umum PMI Pusat, M. Yusuf Kalla mengatakan bahwa, kerelawanan merupakan sebuah nilai universal yang telah ada sejak permulaan terbentuknya kebudayaan manusia. Suatu nilai kemanusiaan yang sederhana, yaitu “menolong orang” atau “menolong sesama”.

Relawan adalah jantung dari Gerakan Palang Merah dan Bulat Sabit Merah Internasional. 150 tahun lalu, Henry Dunnant telah menanamkan visi tentang kekuatan kerelawanan yang terus hidup dan semakin kuat di dunia. Pada bulan Desember ini ada dua peringatan Hari Relawan, saat ini relawan PMI telah mendapat pengakuan dengan dinyatakannya tanggal 26 Desember sebagai hari relawan PMI oleh Presiden RI pada tahun 2005, setahun paska bencana tsunami di wilayah Sumatra. Sejak saat itu PMI semakin terpacu untuk meningkatkan strategi pembinaan relawan melalui pendekatan dalam rangka menyiapkan sumber daya manusia yang profesional untuk melaksanakan pelayanan kemanusiaan organisasi.

Setiap tahun, momentum hari relawan memberikan kesempatan kepada organisasi untuk mengapresiasi semua relawan, yang telah melakukan pelayanan dengan penuh dedikasi, bahkan dalam situasi yang sulit dan terkadang membahayakan, untuk memberikan bantuan kepada masyarakat paling rentan dan mempromosikan perdamaian di seluruh dunia. Peringatan tahun relawan 2012 dengan tema ‘Kaum Muda Sebagai agen Perubahan” dengan harapan dapat mengundang semangat kerelawan di diri setiap manusia untuk terdorong bersama – sama PMI berperan dalam kegiatan kemanusiaan.