Peringatan Hari Pendidikan Nasional di Binjai

Binjai (Humas Pemko)
Hari Pendidikan Nasional diperingati di Binjai dengan upacara yang digelar di lapangan Merdeka, Selasa (2/5/2017). Walikota Binjai HM Idaham bertindak sebagai inspektur upacara.

Peringatan Hardiknas tahun ini mengangkat tema Percepat Pendidikan yang Merata dan Berkualitas. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy dalam sambutan tertulis dibacakan Walikota HM Idaham mengatakan tema tersebut berkaitan dengan fenomena dunia yang berubah sangat cepat dan menuntut kualitas semakin tinggi.

"Mari kita resapi dan renungi bersama tema tersebut kemudian kita wujudkan bersama –sama. Dengan begitu, maka seluruh lapisan masyarakat akan dapat menjangkau layanan pendidikan yang berkualitas. Dengan pendidikan berkualitas yang merata, dalam makna dapat dikenyam oleh seluruh warga bangsa , maka ikhtiar kita mencerdaskan kehidupan bangsa dapat terwujud," kata Mendikbud.

Ia juga menyampaikan penghargaan kepada seluruh insan pendidikan yang telah mengabdi demi kemajuan pendidikan. Pengabdian para guru telah membuahkan hasil yang menggembirakan. Meskipun masih banyak masalah dan ketidakpuasan.

Memperingati Hardiknas, menurut Muhadjir, tidak lepas dari sosok Ki Hadjar Dewantara. Gagasan pemikiran dan prinsip beliau menjadi dasar acuan visi misi Presiden Joko Widodo di bidang pendidikan. Visi misi itu yakni masa depan Indonesia ditentukan oleh peserta didik masa kini yang memiliki karakter atau budi pekerti yang kuat serta menguasai bidang keterampilan hidup, vokasi, dan profesi pada abad 21.

Dalam rangka mewujudkan visi tersebut, kata Muhadjir, Kemdikbud bersiap melakukan reformasi pendidikan nasional baik pada tataran konseptual maupun manajerial. Dalam tataran konseptual sedang diupayakan agar karakter kembali menjadi pondasi dan roh pendidikan nasional.

Untuk itu, pembentukan karakter harus dimulai dan menjadi prioritas pada jenjang pendidikan dasar. Kemudian pada jenjang pendidikan lebih lanjut harus kondusif bagi peserta didik untuk mengaktualisasikan potensi dirinya semaksimal mungkin. Dalam hal ini membekali dirinya dengan keterampilan dan keahlian berdaya tinggi yang dibutuhkan abad 21.

"Hanya dengan karakter yang kuat dan kemampuan berdaya saing tinggi peserta didik masa kini akan sanggup membawa bangsa Indonesia berdiri dengan tegak diantara bangsa-bangsa maju yang lain," ucapnya.

Upacara hardiknas diikuti lebih seribu peserta terdiri dari PNS dan pelajar SSD, SMP dan SMA. Juga hadir Wakil Walikota H.Timbas Tarigan SE, Kapolres AKBP Mohamad Rendra Salipu, ka kejari Binjai Wilmar Ambarita, Sekda Mahfullah P Daulay , dan para pejabat Pemko Binjai.