Peringatan Hari Ibu ke-88 Kota Binjai

Binjai,(Humas)

Sejatinya Peringatan Hari Ibu bertujuan untuk mengingatkan terutama pada generasi muda, tentang peran kaum perempuan pada kemerdekaan, peringatan ini sebagai momentum memberikan perhatian kepada kaum perempuan.

Peringatan Hari Ibu pada intinya bagaimana kita mengucapkan terimakasih kepada ibu, karena perjuangan dan pengorbanan ibu tentunya dikeluarga, sehingga bisa melahirkan, serta mendidik generasi penerus bangsa yang berkualitas. Hal itu diungkapkan Walikota Binjai, HM Idaham, saat menghadiri Peringatan Hari Ibu ke-88 Kota Binjai, bertempat di Pendopo Umar Baki, Selasa (20/12).

"Kita semua baik Pemerintah, seluruh pemangku kepentingan, serta masyarakat yang mampu, memiliki tanggung jawab yang sama untuk membantu keluarga yang kurang mampu, agar ibu tetap menjalankan perannya di keluarga tanpa harus ikut bekerja demi memenuhi kebutuhan rumah tangga," tegas Walikota.

Organisasi kewanitaan dibentuk untuk membantu pemerintah dalam menyalurkan bantuan serta membina kaum ibu agar mereka bisa ikut menopang perekonomian keluarga, tanpa harus menghabiskan banyak waktu bekerja di luar rumah, atau bekerja melakoni pekerjaan yang harusnya dilakukan oleh kaum pria.

"Kepada keluarga yang mampu tentunya harus selalu bersyukur, karena bisa menghidupi keluarga dengan baik, saya berharap seluruh SKPD dan pemangku kepentingan untuk dapat membantu keluarga yang tidak mampu," pinta Idaham.

Pemberdayaan masyarakat harus lebih teliti, jangan hanya sekedar seremonial, buatlah tindakan nyata yang bermanfaat dan membantu masyarakat yang memang layak dibantu.

"Bagaimana kita menempatkan posisi ibu lebih tinggi, bagaimana harus membantu kaum ibu, itulah inti peringatan hari ibu. Kepada PKK saya minta buatlah satu program yang dapat menyentuh serta bermanfaat bagi masyarakat," pungkas Walikota.

Ketua TP PKK Kota Binjai, Lisa Andriani Idaham, mengucapkan selamat hari ibu kepada perempuan-perempuan perkasa yang telah melahirkan, membesarkan, dan mendidik anak-anaknya.

Melalui peringatan hari ibu, TP PKK Kota Binjai senantiasa menggantungkan harapan ke semua pihak untuk memberikan perhatian kepada kaum ibu, ibu adalah pahlawan keluarga, yang pantas di hormati dan di muliakan.

Menambahkan, Ketua DPRD Kota Binjai, Zainuddin Purba, menuturkan peran ibu di masa sekarang tampaknya semakin meningkat, bersamaan dengan itu semakin berat tantangan yang di hadapi.

Ibu sosok yang berperan penting bagi setiap individu di keluarga, bangsa, dan negara, ibu yang pertama mendidik, menanamkan nilai dan norma, meletakkan dasar pondasi nilai kehidupan, tanpa mengecilkan kaum laki-laki, ibu sosok yangg berperan penting dalam suksesnya seseorang.

"Ibu adalah sosok yang penuh kesabaran yang luar biasa, karena berapa besar pun kesalahan yang kita perbuat, maka ampunan seorang ibu selalu ada," ucap Zainuddin.

Peringatan Hari Ibu ke-88 Kota Binjai turut dirangkaingan dengan kegiatan pelantikan pengurus Gabungan Organisasi Wanita (GOW) masa bakti 2016-2021, serta penyerahan hadiah kepada pemenang lomba pidato bagi ibu-ibu binaan yang berpofesi layaknya pekerjaan pria, Kelurahan pelaksana terbaik, lomba lingkungan bersih dan sehat, serta rumah tangga pelaksana terbaik.

Malem Ukur Ginting, pemenang lomba pidato yang berpfofesi sebagai tukang becak, sangat berterima kasih kepada Pemerintah Kota Binjai, yang dinilainya telah peduli kepada kaum ibu.

Ia mengungkapkan sudah lima tahun melakoni pekerjaan sebagai tukang becak demi membantu perekonomian keluarga, namun dirinya tetap semangat dan berkeyakinan bahwa kesabaran akan berbuah manis pada saatnya.