Peringatan Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke 72

Peringatan Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke 72

Binjai (Humas Pemko)

Sekretaris Daerah Kota Binjai, M Mahfullah P Daulay meminta kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di jajaran Pemerintah Kota Binjai untuk terus meningkatkan kekompakan dan solid dalam mengemban tugas. Guru merupakan bagian dari ASN, kompak dan solid merupakan hal utama yang harus dipertahankan.

Hal tersebut diungkapkan Sekdako pada acara Hari Guru Nasional tahun 2017 dan Hari Ulang Tahun (HUT) PGRI ke 72 tingkat Kota Binjai, bertempat di halaman upacara SMA Negeri 5 Binjai, Jalan Jambi, Kelurahan Rambung Barat, Kecamatan Binjai Selatan, Kamis (30/11).

"Dalam menjalankan tugas, hal utama yang harus selalu diingat adalah bagaimana pencapaian tugas dapat terwujud dengan baik, kembali saya tegaskan kekompakan dan solid menjadi modal utama yang harus terus dipertahankan," tegas Sekda.

Sekda yang pada kesempatan itu bertindak sebagai inspektur upacara dalam amanatnya mengungkapkan bahwa, tema hari guru tahun 2017 yaitu membangun pendidikan karakter melalui keteladanan guru mengandung makna bahwa guru memiliki tanggungjawab dalam membentuk karakter peserta didik melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olahraga.

Guru dan tenaga pendidik harus mampu mengelola kerjasama antara satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat untuk mengobarkan gerakan nasional revolusi mental. Peserta didik saat ini adalah calon generasi emas Indonesia tahun 2045 yang harus memiliki bekal jiwa pancasila yang baik guna menghadapi dinamika perubahan yang sangat cepat dan tidak terduga.

Diungkapkannya, momentum hari guru nasional hendaknya dijadikan sebagai refleksi, apakah guru-guru saat ini sudah cukup profesional dan menjadi teladan bagi peserta didiknya. Di sisi lain, apakah kita sudah cukup memuliakan guru-guru kita yang telah berjuang untuk mendidik dan membentuk karakter kita, sehingga menjadi pribadi tangguh dan berhasil.

"Pemko Binjai sangat mengapresiasi jasa dari para guru, yakinlah para pemimpin Kota Binjai saat ini dapat berhasil berkat bimbingan dari guru, kedepan kita berharap akan terus lahir pemimpin bangsa, dari sentuhan guru," tegas Sekda dengan air mata yang berlinang, mengingat kedua orangtuanya juga berprofesi sebagai seorang guru.

Pemberian tunjangan profesi bagi guru yang telah tersertifikasi, serta tunjangan khusus bagi guru yang mengabdi di daerah khusus akan terus menjadi perhatian.

"Melalui momentum ini saya mengingatkan kepada Dinas Pendidikan untuk terus mencanangkan program pendukung menjadikan Binjai sebagai kota penuntasan pendidikan di tahun 2021 sudah terlaksana," harap Sekda.

Diakhir acara turut diserahkan cenderamata kepada guru-guru yang memasuki masa purnabakti. Hadir Kepada Dinas Pendidikan Kota Binjai, Janu Asmadi Lubis, Ketua PGRI Kota Binjai, Asisten Pemerintahan Pemko Binjai, dan seluruh guru se-kota Binjai.