Peran Ibu Lindungi Anak dari Narkoba

Peringatan Hari Kartini di Binjai

Binjai (Bagian Humas)

Walikota Binjai HM Idaham SH MSi mengatakan inti dari peringatan  Hari Kartini  di masa kini adalah bagaimana  meningkatkan kualitas  wanita Indonesia dalam mengisi pembangunan  dan mampu  menciptakan   generasi muda yang tangguh, mandiri,  dan cerdas.  Sebab  saat ini generasi  muda  menghadapi banyak tantangan dan godaan yang bisa menjerumuskan mereka, seperti  narkoba  dan seks bebas.

“Kaum  ibu mempunyai peran besar untuk memproteksi   generasi muda dari narkoba dan seks bebas, “ kata HM Idaham,  pada peringatan Hari Kartini  ke 136 Kota Binjai, di Pendopo Umar Baki, jalan Veteran, Kamis (23/4).

Menurut HM Idaham persoalan   emansipasi atau persamaan  hak  lelaki dan perempuan  sudah  tidak relevan lagi untuk dibahas  pada saat ini. Sebab  tidak ada lagi bidang pekerjaan laki-laki yang  tidak dikerjakan oleh perempuan.  Bersamaan  dengan itu, terjadi pergeseran nilai-nilai  terhadap perempuan. Misalnya dulu perempuan  merokok di tempat umum  dianggap tabu, sekarang  dianggap hal  biasa.  Pergeseran  nilai- nilai  seperti ini  harus kita tahan.

Ketua  Tim penggerak PKK Kota Binjai, Hj. Lisa Andriani Idaham S.Psi  mengatakan perempuan mencapai karier yang tinggi bahkan di posisi pemimpin  sudah biasa.  Namun  hendaknya   tetap tidak melupakan kodrat  sebagai   istri dan ibu  yang  menjadi teladan dalam keluarga.

“Peran perempuan meningkatkan kualitas hidup keluarga, dari keluarga  kelak   lahir generasi penerus bangsa, “ kata Lisa.

Peringatan  Hari Kartini  dihadiri  Dandim 0203/Langkat   Letkol Inf  Roy Hansen J Sinaga dan istri, Sekda Elyuzar Siregar, SH,MHum,  ketua Dharma wanita persatuan   Hj. Nova Elyuzar,   para pengurus organisasi   wanita, pimpinan SKPD dan lain  lain.

Pada kesempatan itu, Ketua  TP PKK  Hj. Lisa Andriani Idaham menyerahkan bantuan untuk perempuan penyapu jalan dan stimulan keluarga  muda mandiri  tahun 2015. Stimulan diberikan  kepada pelaku  usaha home industry  10 orang, jualan makanan  ringan 10 orang, bidang konveksi  5 orang dan ternak jangkrik  3 orang. Jenis bantuan yang diberikan antara lain kompor gas, mixer, blender, kuali besi amphia, tirisan, dandang, baskom,  mesin  jahit, jangkrik, pakan jangkrik  dan triplek