Peran Guru Berpengaruh Bentuk Perilaku Siswa

Binjai,

Membentuk generasi muda berkualitas tentunya tidak terlepas dari peran seorang guru pendidik, terutama dalam membentuk perilaku siswa.

Sebaik apapun program pemerintah dalam meningkatkan tingkat pendidikan, apabila tidak didukung dengan kualitas guru sebagai garda terdepan yang memiliki pengetahuan dan rasa tanggungjawab, serta loyalitas terhadap pembentukan perilaku siswa, tidak akan mungkin bisa terwujud.
Hal itu disampaikan Walikota Binjai, HM Idaham, saat menghadiri lokakarya perencanaan buku bacaan berjenjang, di Aula Ovany Waterpark, Jalan T Amir Hamzah, Kecamatan Binjai Utara, Selasa (29/3).

Idaham mengatakan, USAID Prioritas sangat mewarnai pendidikan di Kota Binjai, dan ia menilai sangat banyak membantu demi mewujudkan visi Binjai, menjadi kota cerdas.

"Saya memberikan apresiasi kepada USAID Prioritas, yang selama ini telah banyak membantu meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Binjai," ungkap Idaham.

Baik guru maupun pemerintah, memiliki tanggungjawab bersama, yaitu bagaimana melahirkan generasi muda yang berkualitas.

"Kita berharap semoga Pemerintah Kota (Pemko) Binjai dan USAID dapat terus berjalan beriringan, bekerjasama, demi meningkatkan kualitas generasi penerus bangsa, khususnya di Kota Binjai," harap Idaham.

Koordinator USAID Prioritas Sumatera Utara, Agus Marwan,menegaskan bahwa Binjai menjadi salah satu kota perintis program USAID, salah satunya program B3, yaitu buku bacaan berjenjang.

Sebanyak 100 sekolah tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiah, terpilih mendapat bantuan program buku bacaan berjenjang dari USAID.

Diungkapkannya, nantinya sekolah yang terpilih tersebut akan mendapat bantuan hibah buku, masing-masing 600 eksemplar buku persekolah.

Program buku bacaan berjenjang dirancang untuk menumbuhkan minat membaca anak, yang saat ini masih sangat rendah.

USAID berharap mendapatkan dukungan dari Pemko Binjai, agar program ini dapat berjalan, hingga membuahkan hasil nantinya.

Generasi muda saat ini, sudah di rusak oleh kehadiran smart phone, melalui program ini diharapkan mampu menjadi bahan penelitian, agar generasi kembali gemar membaca buku.

Kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kota Binjai, Abdul Haris, menjelaskan pembelajaran terhadap guru itu wajib, seorang guru harus terus belajar.

Pembelajaran langsung menyentuh kepada guru, sehingga melahirkan guru-guru berprestasi, yang nantinya mampu mencetak generasi muda yang berkualitas dan mampu bersaing di dunia.

Hadir, Kakankemenag Kota Binjai, Al Ahyu, Kepala sekolah tingkat SD dan MI seKota Binjai.