PENTAS SENI DALAM RANGKA PERINGATAN HARI AIDS SEDUNIA TINGKAT KOTA BINJAI 2012

Binjai, Sabtu, 1 Desember 2012, Walikota Binjai, H.M. Idaham, SH, M.Si, membuka pentas seni dalam rangka peringatan hari AIDS se-dunia Tingkat kota Binjai di SMA. Negeri 3 Binjai Jl. Padang Sidempuan Binjai. Pada kegiatan ini hadir Kadis Pendidikan, Ny. Lisa Andriani H.M. Idaham selaku ketua PMI Binjai, Chairul Lubis dari yayasan unilever, direktur Heartindo dr. Apsari D. Kusumastuti, Prof. Sutomo Kasiman, SPPD selaku advisor Heartindo.Dalam sambutannya Walikota Binjai mengatakan bahwa, hari Aids sedunia yang diperingati setiap tanggal 1 Desember bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan kesadaran segenap elemen masyarakat dalam mencegah penyebaran HIV/AIDS, meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap bahaya HIV/AIDS dan sekaligus memberikan perhatian dan semangat hidup kepada saudara – saudara kita yang terkena HIV/AIDS agar mereka tetap berkarya dan berinteraktif dalam lingkungan social kemasyarakatan.

Lanjut beliau, bahwa sejak ditemukan penyakit HIV/AIDS tahun 1987 hingga sekarang belum ditemukan obatnya. Bahkan kasus penyakit ini semakin meningkat , tiada cara lain adalah kesungguhan kita semua untuk mencegahnya dengan perilaku yang sehat menghindari seks bebas, penyalahgunaan narkoba khususnya dikalangan remaja atau pelajar. Himbauan Walikota agar para pelajar khususnya pria mengubah pola pikir dimana bila merokok dan pakai narkoba akan hebat, malah ini sebaliknya hal ini akan menghancurkan masa depan generasi penerus bangsa.

Dahulu jenis obat-obat terlarang hanya dikenal  orang ganja dan minuman keras, namun saat ini begitu banyak jenis narkoba mulai putaw, sabu-sabu, ekstasi, kokain, dan sebagainya yang sangat murah dan mudah memperoleh dari pengedar hingga ke sekolah. Hal ini akan semakin menjanjikan kenikmatan untuk menghancurkan masa depan pelajar.  Untuk kota Binjai sendiri kasus HIV/AIDS masih pada tingkat yang rendah, namun peredarannya benda haram ini sudah mengkwatirkan sehingga harus diwaspadai oleh semua pihak.

Walikota mengajak generasi muda khususnya pelajar agar menjadi Garda terdepan mengatasi penyakit ini dengan menghindarinya karena sekali terkena tak akan mudah untuk menghentikannya. Siapkan diri pelajar dengan belajar keras, gali dan kembangkan semua potensi yang ada menjadi generasi yang cemerlang memiliki karakter dan sumber daya manusia yang unggul. Bagaimanapun pelajar saat ini untuk 20 tahun kedepan adalah penerus pemimpin bangsa ini.

Pada kesempatan ini Walikota mengucapkan terima kasih kepada Yayasan HEARTINDO dan PT.  Unilever Indonesia,Tbk atas peran nya sebagai Coorvorate Social Responsibility (CSR)  yang telah membantu selama ini dibidang pendidikan dan kesehatan. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat kota Binjai khususnya kalangar pelajar , karena bagaimanapun Pemko Binjai memiliki keterbatasan anggaran, waktu dan tenaga untuk membangun kota sehingga kerjasama ini sangat positif.

Prof. Sutomo Kasiman selaku advisor Heartindo dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan ini adalah rangkaian kegiatan dari “ampera” singkatan dari anak muda berperilaku sehat dan cemerlang dan aktif.  Ia mengucapakan banyak terimakasih kepada Walikota Binjai yang sangat membantu kegiatan ini sejak awal hingga saat ini. Adapun kegiatan Heartindo selama ini bergerak dibidang pendidikan dan kesehatan, diantaranya perilaku hidup bersih dan sehat. Mulai agustus hingga sekarang sudah dilaksanakan training untuk motivator 44 kali dengan hasil 20 orang untuk duta, 10 orang untuk para Kepala sekolah dan 70 orang untuk guru.

Khairul Lubis mewakili Yayasan unilever mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat pada masyarakat dan sangat dirasakan oleh pelajar. Kegiatan ini merupakan bagian dari kepedulian unilever dalam membina pelajar sebagai generasi muda bangsa agar terhidar dari petaka maut akibat pemakaian narkoba. Kegiatan seperti ini sebagai corporate social responsibility (CSR) akan terus ditingkatkan pada tahun 2013.

Dalam kegiatan ini juga diadakan lomba poster bertema hari HIV/AIDS  dengan juara I SMA Taman Siswa, juara II SMA N.4 dan juara III SMAN.1. Selain itu juga ditampilkan kreatifitas pelajar dalam bidang seni, olah raga. Kegiatan ini ditutup dengan penyematan selempang kepada para pelajar, Kepala sekolah  sebagai duta pencegahan HIV/AIDS.  Adapun SMA. Neg.3 terpilih sebagai tuan rumah kegiatan ini, karena sekolah ini mendapat Juara I se- Sumatera Utara untuk kategori Lomba Sosialisasi Pencegahan Narkoba dan HIV-AIDS demikian jawab Kepala SMAN.3 Binjai, Dra. Khadijah Harahap.