Pemko Binjai Terbuka Memberikan Informasi Publik

BINJAI ( Humas ) :  Wali Kota Binjai HM Idaham ,SH.MSI, menegaskan Pemko Binjai terbuka memberikan informasi public. Informasi itu harus ada rambu-rambu yang mengacu kpada peraturan dan peundang-undangan. “ Saya bersyukur dan berterima kasih   diundang dan diminta untuk menghadiri f orum diskusi tentang KIP   .Jujur saja,hari ini , Saya   memperoleh  informasi terbaru tentang adanya sengketa. Walikota Binjai HM Idaham ,SH.M.SI pada kesempatan itu mengaku sangat terbuka dalam menjalankan pemerintahan dan siap menampung aspirasi ,kritikan serta saran demi kepentingan Kota Binjai.

Komisi informasi Publik ( KIP ) Provinsi Sumatra Utara  ) menggandeng RadioKardopa Medan,menggelar forum  diskusi UU No.14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik(KIP) di Graha Kardopa.Jln  Sultan Hasanuddin,Senin (6 / 4) .

Ketua KI Provsu H.M Zaki Abdullah  menyatakan  diskusi UU No.14 Tahun 2008 tentang KIP  di gelar dalam rangka meningkatkan pemahaman tentang keterbukaan informasi publik secara utuh kepada penjabat publik , LSM dan wartawan di sejumlah kabupaten /kota   Selain itu,KI Provsu sudah berkewajiban menyampaikan pemahaman yang utuh tentang kelembagaan komisi ini dalam tugas dan peran serategisnya untuk mewujudkan pembangunan Indonesia yang berperadaban melalui KIP.Sehingga,keterlibatan para jurnalis dal LSM serta pejabat publik mampu mewujudkan tentang keberadaan UU No.14 Tahun 2008 tentang KIP untuk kepentingan masyarakat.

mantan ketua PWI Sumut  menyebutkan .KIP merupakan sarana dalam mengoptimalkan pengawasan publik terhadap penyelenggaraan pemerintah dan badan publik lainnya serta segala yang berakibat pada kepentingan publik pengelolaan informasi publik merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan masyarakat informasi di Nusantara .
Wali Kota Binjai HM Idaham mengakui, ,hari ini saya telah mendapatkan informasi terbaru tentang adanya sengketa ,gugatan dan kewajiban apa saja yang harus dilakukan untuk memaksimalkan informasi kepada publik.Selain ini,rekan LSM dan wartawan kerap menjadikan informasi untuk mencari-cari kesalahan.Padahal,informasi publik itu sebenarnya untuk menyampaikan berbagai  program dan dampak dari pembangunan .Ini sangat penting. “ sebab barang siapa  menguasai informasi dia  akan menguasai dunia” ujar Idaham saat menjawab beberapa pertannyaan dari rekan LSM terkait kemanpaatan pentingnya fungsi UU KIP dan keberadaan Command center.