Pemko Binjai Siapkan Tempat Sementara Untuk Pedagang Korban Kebakaran Pasar Tavip

Binjai (Bagian Humas)

Pemko Binjai berencana menempatkan para pedagang korban kebakaran pasar Tavip di mega loosd, khusus pedagang sayur dan daging akan ditempatkan di Jalan Speksi. Langkah ini mendesak untuk dilakukan agar pedagang bisa kembali berjualan mengingat bulan puasa dan Idul Fitri sudah didepan mata.

“ Kita harus secepatnya menyediakan tempat agar pedagang bisa berjualan lagi, “ kata Wakil Walikota Binjai H. Timbas Tarigan saat memimpin rapat membahas penempatan sementara pedagang korban kebakaran pasar Tavip, Selasa (10/5) di rumah dinas wakil walikota. Rapat dihadiri antara lain Sekda Elyuzar Siregar, kepala Dinas PU Nanang Eka Sumantri, Kadispenda Tobertina, kadis perindagkop HT. Syarifuddin, kabid Pasar Ahmad Yani, kepala Satpol PP Syahrial, Kabag Humas Hendrik Tambunan.

Timbas Tarigan mengingatkan semua instansi terkait agar bergerak cepat sehingga tempat berjualan sementara bisa segera terealisasi. Mengingat para pedagang sudah mengalami musibah dan butuh bantuan untuk menata perekonomiannya.

Terkait kondisi bangunan Pasar Tavip yang terbakar, kepala Dinas PU Nanang Eka Sumantri menjelaskan secara kasat mata kondisi bangunan mengalami kerusakan parah dan rawan rubuh. Untuk itu pihaknya akan meminta kepolisian untuk memasang police line di sekeliling bangunan yang terbakar agar tidak ada pedagang yang berjualan di bekas lokasi kebakaran. Tim konsultan juga akan diminta untuk memeriksa kondisi fisik bangunan.

Menurut kabid Pasar Ahmad Yani pihaknya besok (Rabu 11/5) akan mendaftar ulang seluruh pedagang. Selanjutnya akan dilakukan sosialisasi terkait rencana penempatan sementara.