Pemko Binjai Sediakan Bus Dan Obat Untuk Jamaah Haji.

BINJAI (  Humas ) : Pemerintah Kota Binjai menyediakan bus dan obat-obat untuk jamaah haji Binjai untuk berziarah di Madinah dan Makkah. Hal itu dikemukakan Wali Kota Binjai M. Idaham ketika membuka membuka manasik haji akbar, Selasa ( 2/8), di Pendopo Umar Baki sekaligus penepung tawaran 193 calon jamaah haji asal kota Binjai .” Fasilitas bus dan obat dikoordinir TPHD kota Binjai Jafar Sidiq dan TPHD Prov. Sumut M. Nasir Tanjung,” tegasnya.  Idaham berpesan calon jamaah Binjai untuk menjaga kekompakan dan prioritaskan kesehatan,sehingga dapat menunaikan ibadah secarah penuh.

Ka.Kemenag Binjai Al Ahyu melaporkan pelaksanaan manasik haji akbar merupakan lanjutan manasik di kecamatan yang dilakukan secara gratis. Manasik haji akbar guna memantapkan pelaksanaa ibadah serta memberikan informasi kepada calon jamaah haji. Calon jamaah haji Binjai 193 orang terdiri dari Kec. Binjai Utara 75 jamaah, Binjai Selatan 37 jamaah, Binjai Timur, 32 jamaah,Binjai Kota 31 jamaah dan Binjai Barat 18 jamaah. Jamaah haji Binjai bergabung dengan Kab.Batubara dengan 101 jamaah dan Tebing Tinggi 92 jamaah.

Binjai akan memasuki asrama haji Selasa ( 16/8) pukul 08. 00 wib dan akan berangkat,Rabu( 17/8) pada pukul 05.30 wib dan tiba di Madinah dijadwalkan pukul 09.30 Waktu Arab Saudi (WAS). Jamaah akan kembali ke tanah air 25 September 2016 dari Jedah pukul 11.20 (WAS) dan diperhitungkan tiba di Bandara Kuala Namu pukul 22.55 WIB. Al Ahyu menjelaskan, jamaah haji Indonesia memperoleh konsumsi  di Madinah dan Makkah dua kali ditambah sarapan pagi. Di Armina konsumsi diberikan tiga kali. Sedangkan pemondokan di Madinah di Hotel Mohamadia Al Zahra yang berada di wilayah Markaziah Janubiah, sedangkan di Makkah  hotel Al Tayser Tower  wilayah Jarwal yang berjarak 1 km dari masjidil Haram.

Ka Kemenag Binjai menyebutkan ketua kloter H. Ahmad Sofyan dari Batubara, TPIHI Armaya Azmi dari Binjai, TKHI dokter juga dari Binjai Dirkamsyah. Dan ditambah TPHD Provsu M. Nasir Tanjung juga dari Binjai dan TPHD Jafar Sidiq yang juga Sekum MUI Kota Binjai. Penepung tawaran dan pembukaan manasik haji akbar di Pendopo Umar Baki dihadiri  Ketua MUI Binjai M. Jamil, Mewakili Ketua DPRD, Dan Dim 0203 Langkat, Kapolres Binjai serta pengurus KBIH se kota Binjai.