Pemko Binjai Raih Dua Penghargaan

Pemko Binjai Raih Dua Penghargaan

Binjai (Humas Pemko)

Pemerintah Kota (Pemko) Binjai berhasil mendapatkan dua penghargaan sekaligus, yaitu penghargaan sebagai Pemerintah Daerah (Pemda) terbaik ke tiga tingkat Sumatera Utara (Sumut), serta meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas keberhasilan menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun 2016 dengan capaian standar tertinggi, bertempat di Santika Dyandra Hotel dan Convention Medan, Selasa (31/10).

Piagam penghargaan diberikan langsung oleh Gubernur Sumatera Utara, H T Erry Nuradi kepada Walikota Binjai, HM Idaham, yang dirangkaikan dengan Acara Rapat koordinasi pemerintah daerah Provinsi Sumatera Utara tahun 2017, dengan tema penguatan sinergi Kantor wilayah (Kanwil) Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumut dengan pemerintah daerah untuk mewujudkan pengelolaan keuangan yang kredibel dan akuntabel.

Kepada wartawan, Walikota memberikan apresiasi serta mengucapkan terimakasih kepada semua aparatur Pemko Binjai yang telah bekerja sesuai ketentuan.

"Hari ini kita mendapatkan penghargaan dari Kementerian Keuangan melalui Kanwil, yaitu Opini WTP yang merupakan penghargaan tertinggi atas laporan keuangan yang telah diserahkan kepada BPK Sumut, serta kita juga berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Pemda terbaik ketiga tingkat Sumut, tentunya prestasi ini harus dapat kita pertahankan kedepannya," ucap Idaham.

Ia mengungkapkan penghargaan ini merupakan satu cambuk buat Pemko Binjai untuk mampu berbuat lebih baik.Dirinya berharap semua masyarakat dan seluruh jajaran Pemko Binjai untuk bersatu memajukan Binjai, jadikan ini awal kerja mewujudkan Kota Binjai menjadi kota yang memiliki daya saing, serta kota yang mampu mensejahterakan masyarakatnya.

Untuk mempertahankan penghargaan yang telah diraih, Walikota telah memiliki strategi dengan menyiapkan beberapa aplikasi yang berbasis web, guna membuat laporan keuangan yang lebih baik. Sehingga kedepan laporan keuangan yang diserahkan akan tepat waktu, serta sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

Gubsu H T Erry Nuradi, mengapresiasi Pemda yang berhasil meraih Opini WTP, dikatakannya Opini WTP merupakan bentuk penghargaan tertinggi, dari 34 daerah di Sumut, hanya 12 daerah saja yang berhasil mendapatkan penghargaan WTP.

"Kita berharap tahun depan semakin banyak daerah yang mendapatkan penghargaan WTP, serta meningkatkan sinergi antara Kanwil Ditjen perbendaharaan dengan Pemda,"harapnya.

Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumut, Bahtarudin, menjelaskan ada beberapa penghargaan yang diserahkan pada kegiatan tersebut antara lain, launcing aplikasi e-Medan, penandatanganan MOU, opini WTP, Pemda terbaik, dan Satker UAPPAW terbaik.

Ambar Wahyuni, Kepala perwakilan BPK Sumut, meminta kepada seluruh kepala daerah untuk menyerahkan laporan keuangan tepat waktu.

BPK perwakilan Sumut mempunyai komitmen untuk mewujudkan wilayah bebas korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBM) melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.