Pemko Binjai Peringati Hari Pramuka ke 53 Tahun 2014

Binjai, (Humas)
 
Pemerintah Kota (Pemko) Binjai memperingati Hari Pramuka ke 53 tahun 2014, yang digelar di Lapangan Merdeka yang diikuti seluruh siswa-siswi Kota Binjai, Sabtu (13/9). Pagi
 
Hadir pada acara tersebut Walikota Binjai HM Idaham SH MSi, Wakil Walikota Binjai yang juga Kepala Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kota Binjai Timbas Tarigan SE, Sekretaris Daerah Kota Binjai H Elyuzar Siregar, Ketua BNNK Binjai Ahmad Zaini dan seluruh unsur FKPD Kota Binjai.
 
Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Dr H Adhyaksa Dault, MSi dalam pidatonya yang dibacakan oleh Walikota Binjai selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Pramuka Kota Binjai mengatakan, hendaknya peringatan pramuka tahun ini dapat mendorong perkembangan dan kemandirian gerakan pramuka, untuk mempercepat keberhasilan dalam upaya pembentukan karakter kaum muda sebagai calon pemimpin bangsa yang lebih handal dan lebih baik pada masa depan.
 
Era globalisasi saat ini penuh dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, akan tetapi manusia tetap merupakan faktor penentu yang paling utama. “Menyadari hal itu, maka diharapkan kita dapat membangun manusia yang memiliki karakter serta dapat membangun bangsa yang memilki watak yang kuat,” harapnya.
 
Revitalisasi gerakan pramuka telah berjalan delapan tahun yang bertujuan untuk memantapkan eksistensi gerakan pramuka dan peningkatan fungsi gerakan pramuka. Pendidikan kepramukaan sebagai salah satu pilar pendidikan kaum muda di Indonesia.
 
Dituntut untuk dapat lebih berkontribusi secara nyata dalam hidup dan kehidupan berbangsa dan bernegara, termasuk dalam menyelesaikan masalah kaum muda.
 
Dijelaskannya, pada saat ini kaum muda dihadapkan pada dua masalah besar yaitu yang berkaitan dengan masalah social dan masalah kebangsaan. Masalah sosial meliputi penggunaan narkoba dan pergaulan bebas, sedangkan masalah kebangsaan meliputi solidaritas sosial rendah,  semangat kebangsaaan rendah, semangat bela Negara rendah dan semangat persatuan serta kesatuan rendah.
 
Kepada para pimpinan kwartir daerah, kwartir cabang, kwartir ranting gerakan pramuka dan para Pembina pramuka di seluruh Indonesia, dihimbau untuk dapat bersama-sama meningkatkan kualitas gugus depan sebagai wahana pendidikan karakter bangsa.
 
Yang mana tema peringatan hari pramuka ke 53 tahun 2014 adalah mantapkan pembentukan karakter kaum muda melalui gugus depan terakreditasi. Yang menyatakan bahwa komitmen gerakan pramuka sangat tinggi terhadap pembentukan karakter bangsa yang lebih baik.
 
Pada peringatan hari pramuka tersebut turut diberikan penghargaan tanda lencana dharma bakti, penghargaan lencana pancawarsa, penerimaan bantuan pendidikan bagi pramuka Kota Binjai, pemenang lomba karya tulis pramuka dan penerima selendang mahir Pembina tingkat lanjutan, yang dibacakan oleh Sekretaris Kwarcab Pramuka Kota Binjai T Syarifuddin.