Pemko Binjai Peringati Hari Lahir Pancasila

Binjai (Humas Pemko)

Pemerintah kota (Pemko) Binjai menggelar upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2017, bertempat di Halaman Kantor Walikota, Jalan Jendral Sudirman Binjai, Kamis (01/06/2017). Walikota Binjai HM Idaham SH MSi bertindak sebagai inspektur upacara, turut dihadiri Sekdako M Mahfullah P Daulay, S.STP, MAP, para asisten, staf ahli walikota, pimpinan SKPD, para pejabat eselon dan staf serta camat, dan lurah se kota Binjai.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam sambutan tertulis dibacakan Walikota HM Idaham , mengingatkan untuk tetap waspada terhadap segala bentuk pemahaman dan gerakan yang tidak sejalan dengan Pancasila. Pemerintah pasti bertindak tegas terhadap organisasi-organisasi dan gerakan-gerakan yang Anti Pancasila, Anti UUD 1945, Anti NKRI, Anti Bhinneka Tunggal Ika.”

“Pemerintah pasti bertindak tegas jika masih terdapat paham dan gerakan komunisme yang jelas-jelas sudah dilarang di bumi Indonesia,” kata Jokowi.

Lebih lanjut Presiden juga mengajak peran aktif para ulama, ustad, pendeta, pastur, biksu, pedanda, pendidik, budayawan, pelaku seni, pelaku media, TNI dan Polri serta seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama menjaga Pancasila. Pemahaman dan pengamalan Pancasila harus terus ditingkatkan.
“Ceramah keagamaan, materi pendidikan, fokus pemberitaan, dan perdebatan di media sosial harus menjadi bagian dalam pendalaman dan pengamalan nilai-nilai Pancasila,” ungkapnya.
Upacara Hari Lahirnya Pancasila merupakan yang pertama kali digelar menyusul ditetapkannya 1 Juni hari lahir pencasila sebagai hari libur nasional. Dari hasil amatan, upacara berlangsung tertib dan penuh khidmat. Meski dalam suasana hari libur , terlihat ratusan PNS tetap bersemangat mengikuti upacara yang dimulai pukul 8 pagi.