Pemko Binjai Peringati Hari Anak Nasional Tahun 2014

Binjai,(Humas)
 
Pemerintah Kota (Pemko) Binjai memperingati Hari Anak Nasional tahun 2014 Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-kanak Indonesia (GOPTKI) Kota Binjai, di Pendopo Umar Baki Jalan Veteran Kelurahan Tangsi Kecamatan Binjai Kota, Kamis (11/9).
 
Walikota Binjai HM Idaham SH MSi yang diwakili oleh Wakil Walikota Binjai Timbas Tarigan SE dalam arahannya mengatakan, peringatan Hari Anak Nasional tahun 2014 bertema “ciptakan lingkungan kondusif untuk perlindungan dan tumbuh kembang anak”.
 
Dimana tema tersebut menegaskan bahwa tumbuh kembang anak sangat dipengaruhi oleh lingkungannya. “Jika lingkungan tumbuh kembang anak buruk, maka anak akan mengalami tumbuh kembang yang kurang optimal, sebaliknya lingkungan yang baik juga akan memberikan pengaruh yang baik pula terhadap tumbuh kembang anak,” ungkap Timbas.
 
GOPTKI senantiasa memperhatikan tumbuh kembang anak sesuai dengan zamannya, yang tentunya ditunjang dengan kemajuan teknologi serta memikirkan generasi selanjutnya dalam menerima estafet pembangunan bangsa.
 
Ketua GOPTKI Kota Binjai Nani Susilawati dalam laporannya menjelaskan, DPC GOPTKI Kota Binjai sebagai organisasi memiliki visi dan misi antara lain membina anak usia dini untuk membentuk watak bangsa agar menjadi manusia Indonesia yang berakhlak mulia, dinamis, aktif, kreatif dan produktif.
 
Sebagai wadah pemersatu organisasi, yayasan dan lembaga pendidikan penyelenggara anak usia dini untuk meningkatkan peran serta dalam mencerdaskan bangsa melalui pendidikan dan pembinaan anak usia dini, serta meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan kesejahteraan tenaga pendidikan.
 
Sesuai dengan tema Hari Anak Nasional tahun 2014 DPC GOPTKI Kota Binjai mengisi peringatan hari anak dengan kegiatan louncing taman dongeng dan lomba kreatifitas serta Perilaku Hidup Bersih dan dan Sehat (PHBS) anak-anak TK.
 
“Seperti kita ketahui bersama kegiatan mendongeng pada zaman sekarang sudah mulai menghilang dan tidak populer sebagai sarana pendidikan yang membangun nilai-nilai karakter positif anak, maka untuk menghidupkan kembali budaya mendongeng bagi para pendidik maka GOPTKI Kota Binjai telah bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Binjai serta kampong dongeng Medan sebagai nara sumber, telah melaksanakan kegiatan petaihan mendongeng pada guru-guru TK sekota Binjai yang telah dilaksanakan pada Juni lalu,” jelas Nani.
 
Jumlah peserta yang telah mengikuti pelatihan sebanyak 50 orang, oleh sebab itu untuk menindaklanjuti kegiatan agar guru-guru yang sudah dilatih mendongeng bisa terus mengembangkan kompetensinya dan mempraktekkan ilmu mendongengnya, maka DPC GOPTKI Kota Binjai menyatukan guru-guru tersebut ke dalam wadah taman dongeng Kota Binjai.
 
Pada peringatan Hari Anak Nasional tersebut juga turut dilaksanakan lomba PHBS dan lomba origami yang diikuti oleh perwakilan dari masing-masing murid TK seKota Binjai.
 
Hadir penasehat GOPTKI Kota Binjai yang juga bunda PAUD Kota Binjai Lisa Andriani Lubis, Kepala Dinas Pendidikan Kota Binjai Drs Dwi Anang Wibowo, dan unsure Muspida plus Kota Binjai.