Pemko Binjai Lakukan Pengawasan Pangan Selama Ramadhan


Binjai,
Pemerintah Kota (Pemko) Binjai akan melakukan pengawasan pangan selama bulan suci Ramadhan sampai menjelang Hari Raya Idul Fitri 1435 H di pusat-pusat perbelanjaan yang ada di Kota Binjai.

Hal tersebut diungkapkan Asisten Ekbang Drs Hamdani Hasibuan saat memimpin inspeksi mendadak (sidak) pasar bersama tim gabungan dari Dinas Kesehatan Kota Binjai, Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Binjai, Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian Perdagangan Kota Binjai, bagian perekonomian Pemko Binjai dan Satuan Polisi Pamong Praja Kota Binjai, Jumat (27/6).

Adapun maksud dilakukannya sidak yaitu untuk melakukan pengawasan terhadap produk pangan seperti daging, ikan, ayam dan makanan minuman dalam kemasan yang beredar di Kota Binjai selama bulan suci Ramadhan sampai menjelang hari raya Idul Fitri.
Diungkapkan Hamdani dari hasil sidak terhadap daging sapi, ayam dan ikan setelah dilakukan pemeriksaan kadar air untuk mengetahui ada atau tidaknya daging gelonggongan, cemaran biologi dan cemaran kimia, dari hasil pengujian yang dilakukan tidak ada ditemukan daging gelonggongan ataupun ayam mati kemaren dan semua sampel ikan, tahu dan mi tidak tercemar formalin.

Namun pada pemeriksaan makanan dan minuman kemasan yang beredar di toko-toko makanan dan swalayan ditemukan beberapa produk makanan yang tidak mempunyai label serta ada beberapa produk yang berlabel namun tidak lengkap seperti yang syaratkan dalam peraturan pemerintah nomor 69 tahun 1999 tentang label dan iklan pangan.
Umumnya produk makanan tanpa label atau yang berlabel namun tidak lengkap adalah berasal dari produksi industri rumah tangga dan merupakan produk kemas ulang (Repacking) serta ditemukan kemasan pangan yang rusak seperti plastic sobek dan botol rusak.
“Disarankan kepada pedagang agar tidak memperjualbelikan makanan dalam kemasan yang tidak mempunyai label pangan, makanan dengan kemasan yang rusak dan agar mencantumkan label pangan pada kemasan makanan yang dikemas ulang,” pinta Hamdani.

Plt Kabag Humas Pemko Binjai Hendrik Tambunan mengatakan Pemerintah Kota Binjai akan menggelar pasar murah yang akan mulai dibuka pada 2 Juli mendatang yang akan bertempat di eks GOR lama.
“Pemko Binjai akan membuka pasar murah yang ditujukan kepada seluruh masyarakat Kota Binjai untuk bahan makanan pokok seperti beras, gula pasir, sirup, kacang tanah, telur, minyak goreng dan tepung yang akan dibuka mulai 2 Juli di eks GOR lama,” ungkap Hendrik.