Pemko Binjai Jamin Kesehatan Warga

Binjai (Humas)
Walikota Binjai HM Idaham SH MSi meluncurkan program BPJS Kesehatan Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Binjai Sehat ditandai dengan penyerahan kartu peserta secara simbolis oleh Walikota, Jumat (11/4) di aula dinas kesehatan Kota Binjai. Penyerahan kartu BPJS ini merupakan tindaklanjut atas pengintegrasian jamkesda dan jaringan kesehatan nasional melalui  BPJS kesehatan yang berlaku efektif mulai 1 Januari 2014.

Walikota HM Idaham mengharapkan  dengan  efektifnya  pelayanan kesehatan  melalui BPJS kesehatan maka tingkat  kesejahteraan masyarakat kota Binjai akan semakin meningkat  dan  usia  harapan  hidup  semakin tinggi.  Karena itu Walikota  minta kepada  pengelola  BPJS kesehatan beserta  mitranya   di kota Binjai untuk meningkatkan  pelayanan kesehatan  kepada masyarakat yang  makin berkualitas, professional  dan cepat.

“Saya ingin setiap pasien atau masyarakat  yang akan mendapatkan pelayanan kesehatan untuk mendapatkan pelayanan  dengan cepat. Urusan administrasi harus dipermudah, prosedur dibenahi  dan kerjasama  yang baik antar rumah sakit  dan antara rumah sakit dengan  BPJS harus dibangun dengan baik,” kata Walikota.

Peserta BPJS Kesehatan Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Binjai Sehat antara lain  para penggali kubur, bilal mayit dan guru ngaji. Para kader  posyandu juga diusulkan untuk dimasukkan dalam program ini.  Walikota Binjai  mengingatkan peserta agar menjaga dan mempergunakan kartu sebaik-baiknya, jangan disalahgunakan.    

Peluncuran BPJS Kesehatan Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Binjai dihadiri oleh Asisten bidang ekonomi dan pembangunan  Hamdani Hasibuan, staf ahli walikota  dan pimpinan SKPD.

Menurut Plt kepala Dinas Kesehatan  Kota Binjai Dr. Melyani Bangun M.Kes  program BPJS Kesehatan Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Binjai Sehat  untuk mengakomodir UU Nomor 40 tahun 2004 tentang  Sistem Jaminan Sosial  Nasional dan UU  Nomor 24 tahun 2011 tentang  BPJS dengan  menyerahkan pengelolaan Jamkesda Binjai Sehat  yang selama  ini dikelola oleh Tim Jaminan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Binjai kepada Badan Penyelenggara  Jaminan Sosial Kesehatan.

Jumlah kuota  peserta yang ditanggung pemko Binjai sebanyak  9.000  jiwa  dengan biaya iuran  Rp.19.225,- perjiwa perbulan  untuk rawatan di kelas tiga.