Pemko Binjai Gelar Peringatan Hari Ibu ke 86 Tahun 2014

Binjai,
Pemerintah Kota (Pemko) Binjai memperingati hari ibu ke 86 tahun 2014, bertempat di Pendopo Umar Baki Jalan Veteran Kelurahan Tangsi Kecamatan Binjai Kota, Selasa (16/12).
 
Pada peringatan hari ibu Walikota Binjai HM Idaham SH MSi meminta kepada kaum  ibu untuk dapat kembali menggugah kesadaran dan tanggung jawab serta berkomitmen untuk menegakkan perannya sebagai seorang ibu.
 
“Peran ibu dalam keluarga hampir 80 persen, jadi sangatlah tidak berlebihan jika pada hari ini kita memperingati hari ibu, karena sosok ibu sangat penting dalam kehidupan,” ucap Idaham.
 
Memasuki tahun 2015, peran dan tanggung jawab kaum  ibu semakin besar, diharapkan kaum ibu mampu menjalankan perannya baik di tengah keluarga, masyarakat dan lingkungan untuk mendorong pembangunan berkelanjutan.
 
Tema hari ibu ke 86 yaitu kesetaraan perempuan dan laki-laki dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dan berkeadilan menuju Indonesia berdaulat, mandiri dan berkpribadian, bertujuan untuk meningkatkan pemberdayaan perempuan menuju Indonesia yang berkualitas.
 
Ia mengatakan, perempuan ikut menentukan dalam hal pengambilan keputusan, peran strategis ibu adalah  hal yang sangat penting, karena semua bermula dari keluarga, apabila dalam satu keluarga sudah baik maka secara otomatis masyarakatnya juga akan baik.
 
“Semoga momentum hari ibu ini merupakan satu tolak ukur tanggung jawab kita, bagaimana untuk memberdayakan perempuan menjadi ibu yang bertanggung jawab dalam mendidik generasi muda, agar Kota Binjai menjadi lebih baik dan bangsa ini menjadi semakin kuat,” pesan Idaham.
 
Ketua DPRD Kota Binjai yang diwakili dr Edi Putra mengatakan, peringatan hari ibu bertujuan untuk mengenang kaum ibu dalam mengisi kemerdekaan, deklarasi hari ibu adalah tonggak sejarah untuk mengakui perempuan sejajar dengan kaum pria.
 
“Kita berharap pada peringatan hari ibu ini dapat mewariskan nilai luhur budaya dan agama, peran perempuan sangat dibutuhkan . Hari ini tugas ibu akan lebih berat karena generasi muda sudah di hantui dengan ilmu komunitas tanpa batas, pengaruh seks bebas dan narkoba,” ungkapnya.
 
Ketua panitia peringatan hari ibu ke 86 Nova Elyuzar menjelaskan maksud dan tujuan diselenggarakan hari ibu adalah untuk mewariskan nilai-nilai luhur dan semangat untuk mewujudkan dan menyegarkan kembali akan pentingnya arti seorang ibu.
 
Ia menjelaskan ada beberapa perlombaan yang telah dilaksanakan guna menyambut peringatan hari ibu diantaranya, lomba pidato, lomba bola voli dan perlombaan Kelurahan saying ibu.
 
Pada peringatan hari ibu tersebut juga turut diberikan bantuan dari Dinas Sosial dan Tenaga Kerja berupa peralatan kompresor, meisn jahit dan peralatan ekonomi kreatif untuk penyandang disabilitas.
 
Hadir Wakil Walikota Binjai H Timbas Tarigan SE, Sekretaris daerah Kota Binjai Elyuzar Siregar, Ketua TP Pkk Kota Binjai Lisa Andriani Idaham, Ketua GOPTKI, Ketua Dharma Wanita, Dandim 0203/langkat Letkol Inf Agusman Heri dan seluruh unsur SKPD.