Pemko Binjai dan Kuala Lumpur Tandatangani LoI

Pemko Binjai dan Kuala Lumpur Tandatangani LoI

Sepakati Kerjasama 4 Bidang

Binjai (Humas Pemko)
Pemerintah Kota (Pemko) Binjai, Provinsi Sumatera Utara dan Bandaraya Kuala Lumpur, Malaysia, sepakat untuk meningkatkan kerjasama yang efektif dan saling menguntungkan bagi kedua kota.

Kesepakatan kerjasama tertuang dalam Letter of Intent (LoI) yang ditandatangani oleh Sekda Kota Binjai M Mahfullah P Daulay SSTP, MAP dan Dewan Bandar Kuala Lumpur Rolan Bin Abd Rahman dan disaksikan Walikota Binjai HM Idaham SH MSi dan Datuk Bandar Kuala Lumpur Datuk Seri H. Mhd Amin Nordin bin Abd Aziz , di Kuala Lumpur, Jumat (28/7).

Ada empat poin yang menjadi fokus kerjasama, yaitu bidang kesenian/ kebudayaan, pariwisata, olahraga dan peningkatan pengetahuan serta pelatihan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN).
Walikota HM Idaham SH MSi menjelaskan hubungan antara pemko Binjai antara Kuala Lumpur sejak lama telah terjalin dengan baik, terutama di bidang seni budaya. Pemko Binjai melalui Dinas Pariwisata setiap tahun mengirimkan tim kesenian untuk tampil di Kuala Lumpur. Sebaliknya , tim kesenian dari Kuala Lumpur tidak pernah absen tampil pada pagelaran kesenian dalam rangka hari jadi Kota Binjai.

“Dengan penandatanganan kerjasama ini maka komunikasi dan kerjasama yang sudah terjalin selama ini dapat lebih ditingkatkan,“ kata HM Idaham.
Melalui kerjasama bidang seni budaya Pemko Binjai dan Kuala Lumpur dapat mengisi festival seni budaya yang meliputi seni tari, seni musik tradisional ataupun pertukaran budaya lainnya. Di bidang pariwisata meliputi kunjungan ke masing masing kota untuk saling mengenal adat istiadat, kesenian, budaya serta tempat pariwisata, promosi produk unggulan ekonomi, pameran perdagangan dan pemasaran perjalanan wisata.

Kerjasama bidang olahraga yaitu ikut serta dalam turnamen persahabatan. Di bidang peningkatan pengetahuan dan pelatihan ASN, kerjasama yang dilakukan yaitu mengutus ASN untuk pelatihan, dan diskusi yang berkaitan dengan bidang pemerintahan, perencanaan pembangunan dan sosial ekonomi.
Acara penandatangana LoI turut dihadiri Kapolres Binjai AKBP Muhammad Rendra Salipu SIK MSi, kepala BNN Safwan Khayat, ketua TP PKK Kota Binjai Hj Lisa Andriani Lubis.