Pemko Binjai dan IUWASH Gelar Workshop Pemanfaatan Web

Binjai (Bagian Humas)

Pemko Binjai bekerjasama dengan  Indonesia Urban Water, Sanitation  and Hygiene  (IUWASH) Regional Sumatera Utara  menggelar  Workshop FGD  tentang Regulasi SOP  dan Tata Kerja Mekanisme Partisipasi  Masyarakat  Air Minum dan Sanitasi melalui Media Web Kota Binjai,  berlangsung  selama  dua hari mulai  Selasa-Rabu  (15-16/9)  di ruang rapat  kantor Walikota Binjaidi jalan Jenderal Sudirman.   

Workshop  diikuti puluhan  peserta  berasal dari SKPD terkait pengelolaan air bersih  dan sanitasi  serta fasilitator  dan kelompok swadaya masyarakat  berbasis sanitasi. Selama  workshop para peserta  mendapatkan bahan materi dan praktek  tentang  pemanfaatan  Website kelompok kerja air minum dan penyehatan lingkungan (pokja AMPL)  Kota Binjai dengan alamat  www.ampl.binjaikota.go.id    

Kepala Bagian Humas Setdako Binjai saat membuka  workshop  mengatakan  adanya website ini   sangat bermanfaat   bagi SKPD   yang ingin mengekspos  kegiatannya   tentang sanitasi  dan penyehatan  lingkungan agar  diketahui masyarakat . Dengan  meningkatnya pengetahuan, kesadaran dan kemauan masyarakat  akan pentingnya  kesehatan lingkungan, maka derajat kesehatan akan meningkat pula.

Governance Specialist IUWASH USAID, Ahmad Budiman,  menjelaskan  adanya media Web Pokja AMPL  dapat mendorong  partisipasi  masyarakat  dan pelayanan  yang  lebih optimal  di bidang air bersih dan sanitasi. Bahkan melalui website ini  masyarakat  bisa  menyampaikan  komentar atau pertanyaan  tentang  sanitasi dan nantinya akan dijawab oleh instansi  terkait.   Rencananya website  ini akan diluncurkan secara resmi pada tanggal 29 September mendatang.