Pemko Binjai bekerjasama Dengan BNN Kota Binjai Lakukan Tes Urine kepada Sekolah.

BINJAI (Humas) Dalam upaya mengantisipasi narkotika di lingkungan pelajar, dengan ini BNN Kota Binjai menggelar penyuluhan tentang bahaya narkoba hingga tes urine ke sekolah-sekolah. Termasuk siswa SMK Swasta Putra Anda dan Perguruan Taman Siswa Binjai dan SMA Negeri 4 dalam rangka menyambut Hari kesehatan nasional kota binjai melaksankan screning narkoba.

Pj.Walikota Binjai Ir.Riadil Akhir Lubis didampingi Kadis Pendidikan Drs.Dwi Anang Wibowo mengatakan tujuan dilaksanakan tes urine ini dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional yang ke - 51 yang jatuh pada tanggal 12 November 2015 .sekaligus sebagai pendidikan edukasi kepada para siswa SMA , SMK dan. yang dapat memberikan pengenalan sejak dini tentang bahaya narkotika bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Binjai.

Ditambahkan Pj.Walikota agar kegiatan ini dapat disosialisasikan lagi kepada teman- teman yang lain tentang narkotika sehingga siswa- siswa dapat mengenal lebih dini tentang narkoba karena dapat merusak pemikiran dan tubuh .dan kegiatan ini hanya untuk edukasi dan tidak ada hal lain hanya sebagai bentuk pengetahuan dan pengenalan kepada siswa dan akan kita lakukan secara berkala dilakukan disekolah- sekolah.ujar Riadil.

“Test urine ini benar-benar kami gelar secara mendadak, sehingga para siswa/i tidak ada yang tahu dan hasilnya akan benar-benar akurat,” ucap Zaini.
Tes urine tersebut dilakukan kepada 50 siswa-siswi.

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Binjai AKBP.Achmad Zaini SH.MH menambahkan, test urine ini akan digelar ke sepuluh target sekolah dan lima perguruan tinggi, namun ia enggan menyebutkannya agar tidak bocor terlebih dahulu.Kedepan “Kami harap sekolah akan terbebas dari narkoba, selain menggelar tes urine kami juga rutin menggelar sosialisasi agar siswa/i paham tentang bahaya narkoba,” terangnya.

Sementara itu Kepala Sekolah Nurminta S .Pd mengatakan pihak sekolah sangat mendukung program BNN selaku Badan yang mempunyai tugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap psikotropika, prekursor, dan bahan adiktif lainnya kecuali bahan adiktif untuk tembakau dan alcohol. Dan pihak sekolah selama ini senantiasa memberikan penyuluhan terhadap bahaya narkoba. Baik melalui penyuluhan khusus maupun terintegrasi dengan pelajaran.

Sedangkan salah satu siswa, mengaku merasa agak deg-degan mengikutin tes urine tersebut. “Meskipun saya tidak menggunakan narkoba, deg-degan juga karena tanpa pemberitahuan lebih awal, tiba-tiba kami disuruh kumpul diaula kemudian menerima penjelasan tentang bahaya narkoba dan maksud/tujuan BNN melaksanakan tes urin,” terang seorang siswa.

Meskipun demikian para siswa-siswi dengan tertib mengikut acara ini, walaupun hasilnya para siswa tidak perlu tahu dan tidak diketahui. Namun kalau memang ada siswa-siswi yang nantinya positif, maka pihak BNN akan menggali informasi lebih lanjut dan semua ini akan ditindak lanjuti, bila perlu bagi yang sudah terlanjur akan direhabilitasi.akan memberikan pendidikan yang baik dan tak usah takut .

Sedangkan Kadis Pendidikan dan pengajaran Kota Binjai Drs.Dwi Anang Wibowo mengatakan bahwa semua ini sudah kita lakukan ke sekolah- sekolah dan telah kita ambil beberapa sample dan tindak lanjut kita lakukan pada hari ini" jelas Anang.

Hadir dalam kegiatan tersebut Plt.Kepala Dinas Kesehatan Ikhram Helmi , Kepala RSU.Djielham Binjai , KBO Narkoba Polres Binjai Ipda.M.Panggabean , Kadis Pendidikan Drs.Dwi Anang Wibowo serta Sat Binmas Polres Binjai.dan Kabaghumas Pemko Binjai Hendrik Tambunan