Pemko Batam jajaki Hubungan Perekonomian Dengan Pemko Binjai.

Binjai(Humas)
Pemerintah Kota ( pemko) Batam, Prov. Kepulauan Riau, menjajaki hubungan  perekonomian dengan Kota Binjai. Pemko Batam  melakukan studi banding ke Binjai, Selasa ( 3/6),  Tim Pemko Batam terdiri dari Ismail sebagai pimpinan,  Pengadilan Lubis dari Bulok, Wirantono dari KP2K Batam, diterima Asisten II Ekbang H. Hamdani Hasibuan didampingi kadis Pertanian Ir. Edy Gunawan, Kadis Koperasi, UKM dan Perindag, Drs. HT. Syarifuddin, MPd, dan terbuka wacana menjajaki hubungan perekonomian antara Pemko Batam dengan Binjai.  Menurut Wirantono, di Batam, setiap hari diperlukan sayur-sayuran sekitar 30.000 ton, Ikan 25 ton, Buah 1000 ton, Daging 6000 ton dan telur 15.000 ton. Sulitnya sayur, buah, ikan dan telur mengakibatkan inflasi di Batam menjadi tinggi.

Asisten II Ekbang Pemko Binjai H. Hamdani Hasibuan, mengemukakan, wacana kerja sama sektor perekonomian sebenarnya sangat baik. Apalagi Binjai, saat ini sudah mampu mengembangkan produk buah jambu air Deli Hijau dan Kesuma Merah, ikan lele mencapai 5- 10 ton perhari. Serta tanaman Bengkuang. Tanaman buah dan ikan lele, merupakan inovasi Wali Kota HM Idaham, sebagai upaya memberi peluang usaha kepada rakyat." Sekarang , banyak daerah,bahkan dari luar negeri, memesan bibit buah jambu yang sudah memperoleh sertifikasi dari Kementan. Kadis pertanian Ir. Edy Gunawan, menjelaskan, tanaman jambu air Deli Hijau dan Kesuma Merah tak terlalu sulit serta tidak memerlukan lahan luas. Cukup dipekarangan rumah dengan mempergunakan pot." Hasilnya cukup lumayan," ujar Edy. Yang juga menyebutkan Pemko Binjai kini mengembangkan jambu Kelutuk non biji dan buah alpokat.

Sedangkan produk ikan lele juga dapat dikembangkan pada lahan sempit, perkembangannya cepat, sehingga mudah dijadikan usaha . Kadis Koperasi, UKM dan Perindag Drs. HT Syarifuddin menawarkan kerja sama  produk Rempeyek untuk dipasarkan di Batam. Pada kesempatan studi banding tim Pemko Batam juga meninjau areal penangkaran pertanian buah jambu di kelurahan Paya Robah,Kec. Binjai Barat.