Pemberdayaan Perempuan Kunci Sukses Sebuah Negara

Binjai (Bagian Humas)

Wakil Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia, Kristen Bauer , mengatakan  pemberdayaan  perempuan merupakan  salah  satu kunci  suksesnya  suatu negara. Karena itulah  Pemerintah AS ingin  menjadi partner yang baik  dalam hal  pemberdayaan perempuan di Indonesia . Caranya  dengan   membantu perempuan  Indonesia   terlibat  dalam politik  dan hal ini telah   dilaksanakan  di lima provinsi, termasuk  Sumatera Utara. Juga  membantu  pengusaha perempuan  untuk berhubungan dengn para ahli IT  dan memberikan  beasiswa untuk perempuan.  

Hal itu ditegaskan Kristen Bauer, ketika memberi kuliah umum bertema  Peran Perempuan dalam Pembangunan di AS, di Pendopo Umar Baki Binjai, Jumat ( 13/3) sore.

Pada  kuliah  umum  yang dihadiri sekitar 500 kaum perempuan dan generasi muda kota Binjai, Kristen Bauer  mendapat banyak pertanyaan  terkait   toleransi  beragama  di AS. Kristen Bauer menyebutkan  perkembangan agama Islam di AS sangat pesat. Bahkan di 20 negara bagian  Islam   menjadi   agama terbesar ke dua.  Ada Walikota  dan Senator beragama Islam.  Di AS  juga tidak ada larangan bagi perempuan berjilbab.  Wanita berjilbab  boleh saja melamar  pekerjaan,  tidak boleh ada diskriminasi terhadap perempuan   karena  pakaian  yang dikenakannya

“Kehidupan beragama di Amerika Serikat dengan Indonesia tidak jauh berbeda, ” ujarnya didampingi Konjen AS  Robert Ewing dan ketua Tim Penggerak PKK Kota Binjai Ny. Lisa Andriani.

Toleransi beragama juga diperlihatkan dalam olahraga. Di bulan ramadhan  latihan football  dilaksanakan malam hari,  setelah pemain yang beragama Islam berbuka  puasa.

Menjawab pertanyaan  tentang beasiswa  pendidikan  di AS, Kristen Bauer  mengetakan pemerintah AS  menawarkan lebih banyak  beasiswa , terutama untuk  perempuan , melalui    program Education USA. Ada  lebih 4000   perguruan tinggi di AS   dan bagi pelajar yang berminat  bisa berkonsultasi dengan perwakilan di Jl. RA Kartini Medan.

Kristen Bauer juga  mengungkapkan  rasa  senang  bisa  hadir  di Binjai. Dia yakin Walikota  HM Idaham SH MSI  akan  dapat mewujudkan  kota Binjai sebagai smart city  dan  untuk itu pemerintah AS  akan mengundang Walikota  HM Idaham  untuk  bertemu dengan pengusaha  AS  di Jakarta dalam waktu dekat.     

Pada  kesempatan  itu  Wali Kota Binjai HM Idaham dan ketua Tim Penggerak PKK Ny. Lisa Andriani, menyerahkan cendera mata  kerajinan khas  Binjai  kepada Wakil  Dubes AS.  Sebaliknya Kristen Bauer juga menyerahkan  bingkisan berupa buku.