Parade makanan Tradisional Meriahkan Puncak Perayaan HUT Kota Binjai

Binjai (Bagian Humas)

Puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Binjai ke 143 dimeriahkan Parade Makanan  Tradisional  dan  pawai budaya 17 etnis , Senin (18/5).

Walikota Binjai HM Idaham SH MSi bersama  Kapolres AKBP Mulya Hakim Solichin,  Ka Kejari Binjai Wilmar Ambarita, Dandim 0203  Langkat , Letkol Inf  Roy Hansen J Sinaga, Ketua DPRD Zainuddin Purba, Wakil Walikota Timbas Tarigan,  berbaur bersama ratusan warga mencicipi berbagai makanan  khas dari berbagai etnis  yang ada di Kota Binjai seperti etnis  Melayu, Aceh, Minang, Mandailing, India, Batak Toba, Karo, Banten,  Jawa, Nias, Tionghoa. Parade makanan  tradisional yang baru pertama kali digelar dan dipusatkan  di lapangan Merdeka mendapat  sambutan  meriah dari warga Binjai.  

Di lokasi serupa turut diserahkan bantuan  pemberdayaan  sosial  dan   usaha   ekonomi produktif bagi wanita rawan sosial ekonomi, bantuan  alat bantu dengar, kursi  roda  dan tongkat  kaki tiga bagi penyandang cacat  serta  penyerahan  hadiah kepada pemenang  Lomba karya tulis wartawan.  

Walikota  bersama unsur  pimpinan daerah  juga melepas   karnaval budaya diikuti kendaraan  hias  dari seluruh etnis. Pawai kendaraan dimulai  dari  Lapangan Merdeka untuk berkeliling melintasi sejumlah jalan protokol.

Sebelumnya  pada pagi hari,  Walikota  Binjai membuka  pameran kerajinan rakyat bertema Binjai expo 2015 diikuti 33 stan, baik dari instansi pemerintah, BUMN, BUMD maupun organisasi kemasyarakatan. Pembukaan  ditandai dengan pengguntingan  pita oleh ketua TP PKK Kota Binjai  Lisa Andriani M Idaham

Walikota Binjai dalam sambutannya berharap di perayaan hari jadi Kota Binjai ke 143 ini, Kota Binjai semakin maju baik dari segi pembangunan infrastruktur, kualitas sumber daya manusia, pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Beliau pun mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersinergi dan bekerjasama dengan pemerintah kota untuk membangun Kota Binjai yang modern, dinamis, mandiri dan berdaya saing.

"Mari kita wariskan kota tercinta ini dengan segala hal yang positif kepada anak cucu kita," ucapnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Binjai, Eddy Gunawan, selaku ketua panitia menjelaskan, perayaan HUT Kota Binjai tahun 2015 ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya

Sebab selain menggelar perayaan yang bersifat seremonial, peringatan hari jadi Kota Binjai ke 143 juga sebagai ajang perpisahan Walikota Binjai yang akan mengakhiri masa jabatannya di akhir tahun 2015 ini.

Ia berharap, seluruh rangkaian acara memberikan kesan positif dan ingatan yang kuat kepada masyarakat tentang harmonisasi dan keanekaragaman etnis yang ada di Kota Binjai.