Muspida Binjai Menyusuri Sungai Bingai

Binjai (Humas)

Sejumlah unsur Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) Kota Binjai menggelar observasi perairan, dengan mengarungi kawasan hulu aliran Sungai Bingai, menggunakan perahu karet, Rabu (15/6).
Kegiatan dimulai dari Jembatan Marcapada, Kelurahan Tanah Merah, Kecamatan Binjai Selatan, dan berakhir di Jembatan Besi, Kelurahan Tangsi, Kecamatan Binjai Kota, tepatnya di belakang Rumah Dinas Walikota Binjai.

Turutserta, Walikota Binjai, HM Idaham, Kapolres Binjai, AKBP Mohamad Rendra Salipu, Dandim 0203/Langkat, Letkol Inf Roy Hansen Jongguran Sinaga, Kepala BPBD Kota Binjai, M Yusrizal, anggota DPRD Kota Binjai, Maruli Malau, Kepala Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Binjai, Mukramah, dan Kabag Humas Setdako Binjai, Hendrik Tambunan, serta puluhan relawan peduli dan pemerhati sungai.
Walikota Binjai, HM Idaham, dalam keterangannya kepada wartawan mengatakan, observasi perairan dilakukan guna meninjau kondisi dan potensi ekonomi di sepanjang kawasan hulu Sungai Bingai.

Selain itu, observasi sungai dilakukan untuk memeriksa tingkat kerawanan dan potensi bancana banjir. Sebab menurut Walikota, potensi cuaca ekstrim masih akan berlangsung hingga dua bulan ke depan.
"Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen kita, dalam upaya mengembangkan potensi ekonomi kawasan perairan, sekaligus mencari solusi terhadap kemungkinan terjadinya bencana banjir," terangnya.

Lebih jauh Walikota mengungkapkan, observasi perairan merupakan langkah awal mewujudkan program kemandirian ekonomi di bidang pariwisata dan peternakan, melalui pembentukan Komunitas Masyarakat Peduli dan Pemerhati Sungai (KMP2S).
"Pasca penelusuran tadi, kita jadi semakin yakin untuk mewujudkan wacana memperpanjang rute jalan tepi sungai, dan penghijuan daerah aliran sungai melalui budidaya tanaman rumput gajah," ujarnya.

"Sebab kita sangat menyadari, konsep kota pintar (smart city) akan bisa terwujud, jika suatu daerah mampu mengoptimalkan dan memelihara segala potensi sumber daya alam di wilayahnya," imbuh Walikota.