MTQ Binjai Upaya Membangun Manusia Seutuhnya

Binjai (Bagian Humas)

Walikota Binjai, HM Idaham SH, MSi memukul beduk untuk membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 47 kota Binjai , Senin ( 25/4),di arena MTQ, jalan Bejo Muna, Kelurahan Timbang Langkat, Kec. Binjai Timur. Idaham berharap pelaksanaan ( MTQ) dapat melahirkan qori dan qoriah, hafiz dan hafizah yang dapat meraih prestasi di Sumatera Utara maupun nasional.
Dikatakannya MTQ pada hakikatnya sebagai upaya bersama membangun manusia kota Binjai seutuhnya, terutama umat Islam melalui pengembangan tilawah quran.

“MTQ merupakan bentuk syiar Islam sekaligus wahana membangun dan meningkatkan pemahaman umat Islam agar kian mencintai Al quran dan menyadari Al Quran adalah pedoman, tuntunan dan pegangan hidup dunia dan akhirat,”kata Idaham.
Pembukaan MTQ ke 47 kota Binjai diawali pawai taaruf peserta berjalan kaki, sepeda hias, mobil hias dan marching band dilepas Walikota HM Idaham bersama Ketua DPRD Zainuddin Purba, Kapolres AKBP Mulya Hakim Solichin, Sekdako H. Elyuzar Siregar, Ketua MUI Binjai HM Jamil, , Ketua LPTQ Binjai Amir Hamzah dan Ketua pelaksana H. Al Ahyu, Ketua TP PKK Ny. Hj. Lisa Andriani.
Ribuan warga antusias menyaksikan pawai taaruf hingga memacetkan lalulintas mulai dari Lapangan Merdeka, jalan Jenderal Sudirman, Jalan Soekarno-Hatta, Jalan Olahraga hingga ke lokasi MTQ di jalan Bejo Muna.

Ketua panitia Al Ahyu menjelaskan, MTQ ke 47 Binjai diselenggarakan 25 sampai 27 April diikuti 271 peserta. Terdiri Kec. Binjai Utara 49 peserta, Kec. Binjai Timur 54 peserta, kec. Binjai Selatan 60 peserta, Kec. Binjai Kota 55 peserta dan Kec. Binjai Barat 53 peserta.

Cabang yang diperlombakan yaitu Tilawah dan qiraah Sab’ah, Hifzil Quran, Syarhil Quran, Fahmil Quran, Khotiil Quran dan Musabaqah Makalah Quran ( M2Q).
Usai melantik dewan hakim, HM Idaham menyerahkan 100 buah Al quran kepada guru mengaji tradisional. Pemberian Al Quran ini juga motivasi agar gerakan mengaji terus ditingkatkan di kota Binjai. Sehingga tidak ada umat Islam yang buta Al quran dan mampu menjadi qori dan qoriah pada pelaksanaan MTQ dimasa datang.
Ketua TP PKK Binjai Hj. Lisa Andriani juga meresmikan pembukaan pameran UKM diikuti 20 stand