MTQ Momentum Syiar Agama Mewujudkan Binjai Sebagai Kota Religi.

Binjai ( Humas )  Wali Kota Binjai HM  Idaham, SH, Msi, menyatakan musbaqah tilawatil quran ( MTQ) merupakan momentum meningkatkan syiar agama dan mengajak umat untuk memasyarakat membaca al quran, guna mewujudkan Binjai sebagai kota religi.  Ketika membuka MTQ ke 46 kota Binjai, Kamis (16/4), di areal MTQ, Jalan Bejomuna, Kelurahan Timbang Langkat, Kec. Binjai Timur, Idaham berharap pelaksanaan MTQ Kota Binjai selain memilih qori dan qoriah Kota Binjai guna mengikuti MTQ Prov.Sumatera Utara ke 35 di Kisaran, Asahan, yang utama MTQ harus dimanfaatkan memasyarakat membaca, guna meningkatkan iman dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

 Wali Kota HM idaham, SH, MSI selain membuka MTQ Kota Binjai ke 46, juga melantik kepengurusan Forum Kordinasi BKM Kota Binjai yang di pimpin Rusdianto Sembiring dan menyerahkan bantuan operasional masjid kepada pengurus BKM Rp. 1 juta setiap bulan. “ Bantuan operasional masjid Rp. 1 juta setiap bulan diberikan  kepada BKM se kota Binjai, dan tahap pertama diserahkan untuk triwulan,yang secara simbolik diserahkan kepada lima BKM. Idaham berharap, operasional masjid yang dibantu Pemko Binjai dapat dimanfaatkan membina remaja masjid dan juga membina pengajian, sehingga lebih meningkatkan kualitas qori dan qoriah kota Binjai.

Ketua DPRD Binjai Zainuddin Purba, SH, sangat mengapresiasi pelaksanaan MTQ dan bantuan masjid yang diserahkan oleh Wali Kota Binjai. Zainuddin Purba sangat salut atas kinerja LPTQ yang berkomitmen membina qori dan qoriah kota Binjai,” Hal ini sangat Saya dukung, tidak seperti masa lalu, jika enam bulan mau MTQ, ada qori dan qoriah yang di bawa dari luar kota Binjai, hal ini tentuknya tidak mendidikan dan hanya bersifat seremonial,” ujarnya.
Ketua LPTQ Binjai Drs.H.Amir Hamzah, MAP, mengemukakan, pelaksanaan MTQ sejak dari tingkat kecamatan sampai tingkat kota Binjai, ternyata melahirkan qori dan qoriah yang sangat bermanfaat untuk kota Binjai. Ka Kemenag Binjai H. Al Ahyu, MA selaku ketua panitia menjelaskan MTQ ke 46 kota Binjai dilaksanakan 16 sampai 18 April 2015 diikuti 246 peserta, yaitu cabang tilawah Al Quran 90 orang, cabang tahfidz al quran 32 orang, Syarhil Quran 30 orang, Khottil Quran 51 orang, Tafsir Al Quran enam orang dan makalah ilmiah Al Quran  tujuh orang.

Pembukaan MTQ ke 46 Kota Binjai diawali pawai taaruf yang dilepas Wali Kota Binjai HM idaham bersama unsur FKPD, SKPD cukup meriah, ribuan massa memenuhi lapangan merdeka Binjai mengikuti pawai taaruf diawali dengan maching band Arhanud SE 11/ BS, diikuti barisan kafilah, pelajar, pramuka, mobil hias, sepeda hias sebanyak 570 orang serta masyarakat menuju lokaso MTQ di jalan Bejo Muna Binjai. Wali Kota HM Idaham juga melantik dewan hakim dan menerima piala bergilir MTQ dari Kec. Binjai Kota sebagai juara umum tahun lalu dan memukul beduk sebagai tanda peresmian MTQ ke 46 kota Binjai. Wali Kota HM Idaham didampingi Ketua TP PKK HJ. Lisa Andriani, juga membuka pameran di lokasi MTQ di stand Kemenag Binjai, pameran juga  diikuti berbagai organisasi kerajinan seperti IPHI Pancawati Binjai, kerajinan rotan, Bank Sumut, Al Kaffah , GOW.