Menuju Smart City, Ubah Mindset

Binjai (Bagian Humas)

Untuk mewujudkan Binjai sebagai kota pintar (smart city)Smart, Walikota Binjai HM Idaham SH MSi menegaskan semua elemen masyarakat dan pemerintah harus mengubah pola pikir (mindset). Upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat tidak dapat dilakukan oleh pemerintah, tetapi harus dibantu dengan masyarakat itu sendiri. Hal ini ditegaskannya saat menghadiri acara penghijauan oleh Kelompok Masyarakat Hijau Lestari, di Kelurahan Cengkeh Turi, Kecamatan Binjai Utara, Rabu (7/12/2016).

“Kalau pemerintah mau berubah tetapi masyarakatnya tidak, saya pikir perubahan itu tidak akan terjadi. Karena itu, baik pemerintah maupun masyarakatnya harus sama-sama berubah. Sehingga apa yang kita cita-citakan dapat berjalan dengan baik,” ucap Idaham.

Pada acara itu Idaham juga blak-blakan. Dengan tegas ia mengatakan, saat ini kepercayaannya kepada kelompok tani sangatlah minim. Bayangkan, kata Idaham, banyak kelompok masyarakat yang sudah diberi bantuan, baik bantuan lembu, kambing dan lainnya tetapi tidak ada kemajuan.

“Coba tunjukkan pada saya satu kelompok saja yang benar-benar mengembangkan bantuan tersebut,” pungkasnya.

Bantuan yang diberikan banyak yang mengecil. ” Katanya lembunya mati, tapi bangkainya gak ada. Apa artinya itu, sudah jelas lembu mengecil dan sudah ada di dalam dompet,” tegasnya.

Hal-hal seperti ini, lanjut Idaham, harus ditinggalkan demi kemajuan bersama. “Karena itu dari awal tadi saya mengajak pihak pemerintah dan masyarakat untuk merubah mindset. Kalau ini tidak kita lakukan, yakinlah kita akan terus tertinggal,” sebutnya.

Pembina Kelompok Hijau Lestari, Saleh Pane, dengan tegas mengatakan bahwa kelompok yang dicari Walikota Binjai adalah Hijau Lestari.

“Kami (Hijau Lestari) satu kelompok yang siap menjaga kepercayaan Walikota itu,” sambut Saleh Pane dan Walikota pun berharap kepada Saleh Pane untuk menjadi motor di kelompok yang dibinanya