Malam Kesenian Binjai Berlangsung Meriah

Binjai, (Humas)

Dihari ke 27 penyelenggaraan Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU), Pemerintah Kota Binjai, berkesempatan menjadi penyelenggara malam kesenian daerah, yang bertema keanekaragaman suku budaya bersatu padu membangun Kota Binjai, di Tapian Daya Medan, Rabu (13/4).

Ribuan penonton yang mayoritas berasal dari Kota Binjai, memenuhi tempat duduk yang disediakan, bahkan tidak sedikit penonton yang berdiri, guna menyaksikan malam kesenian daerah Kota Binjai.

Walikota Binjai, HM Idaham berharap, pagelaran malam kesenian ini dapat menghibur pengunjung, sekaligus memperkenalkan adat dan budaya masyarakat Binjai, yang akan divisualisasikan melalui berbagai atraksi seni.

Walikota juga mengungkapkan, melalui bentuk kesenian ini, kami ingin menunjukkan identitas dan entitas, serta kearifan lokal, yang merupakan wujud kebersamaan masyarakat Binjai, yang terbangun dengan baik di tengah-tengah kemajemukannya dengan 16 etnis yang ada.

"Pemko Binjai menyadari betul bahwa kesenian salah satu modal yang sangat penting dalam kelangsungan pemerintah daerah. Sebagaimana sesuai dengan salah satu visi pembangunan Kota Binjai, yakni pentingnya unsur kebersamaan dalam konsep pembangunan," jelas Idaham.

Idaham menegaskan, Kota Binjai harus terus bergerak menjadi kota modern, tentunya dengan tidak mengabaikan Kearifan lokal yang ada. Kota modern akan semakin sempurna bila masih ditopang oleh aspek budaya.

Di ajang PRSU ke 45 tahun 2016, selain menampilkan kesenian daerah, Pemko Binjai juga turut menampilkan produk ekonomi kreatif, UKM, dan UMKM, berupa hasil pertanian dan produk unggulan Kota Binjai, di stand pameran Pemko Binjai, sebagai hasil binaan Pemko Binjai, PKK, dan stake holder.

Banyak hal yang dapat kota upacara untuk melestarikan kebudayaan yang ada, dengan Memberi edukasi dan menanamkan nilai budaya kepada generasi muda sejak dini. Salah satunya melalui pagelaran malam kesenian di PRSU.

Hadir, Sekadako Binjai, Elyuzar Siregar, Kapolres Binjai, AKBP Mulya Hakim Solichin,dan segenap unsur SKPD Kota Binjai.