Lomba Rakit Hias Di Sungai Bingai Meriahkan HUT RI

Lomba Rakit Hias Di Sungai Bingai Meriahkan HUT RI

Binjai (Humas Pemko)

Banyak cara dilakukan untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 yang jatuh pada 17 Agustus 2017 nanti.

Pemerintah Kota Binjai melalui Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olahraga, menggelar  lomba  rakit  hias  menyusuri sungai Bingai, Minggu (13/8) pagi.

Lomba rakit hias  diikuti 15 peserta dari berbagai instansi pemerintahan Kota Binjai dan satuan TNI jajaran Kota Binjai serta warga yang berada di tiap kecamatan di Kota Binjai.   Lomba langsung dilepas oleh Walikota Binjai, HM Idaham SH MSi dan Kapolres Binjai AKBP M Rendra Salipu.

Lomba rakit hias  menempuh jarak 5 kilometer, dimulai dari  tepian sungai Bingai di kelurahan Berngam Kecamatan Binjai Kota dan berakhir  di  Limau Sundai, kecamatan Binjai Barat.

 Dalam perlombaan ini, rakit  batang pisang dihias  dalam berbagai   bentuk  yang menarik, dari rakit berbentuk tank, kapal laut, hingga berbentuk helikopter dan pesawat TNI yang dilengkapi persenjataan. Pengemudi rakit  ikut bergaya ala pejuang dan TNI.

Penilaian lomba rakit hias  meliputi  bentuk dan keindahan desain rakit dan tingkat kesulitan pembuatan rakit tersebut.

Walikota Binjai, HM.Idaham mengatakan, perlombaan ini dilakukan untuk memeriahkan HUT RI ke-72.

“Ini merupakan kegiatan yang kita laksanakan untuk mengisi kemeriahan di hari kemerdekaan Negara kita, Republik Indonesia,” ucapnya.

Selain itu, lomba rakit hias dari batang pisang ini juga diadakan untuk kembali mengingat kebudayaan Nasional, dimana rakit adalah merupakan salah satu budaya warga Kota Binjai.

Ini juga untuk mengingat kembali, bahwa dulunya permainan rakit ini adalah permainan anak anak  muda Kota Binjai, yang sampai saat ini telah menjadi budaya bagi kita masyarakat Kota Binjai,” Kata Idaham.

"Dengan diadakannya lomba tersebut, diharapkan nantinya dapat menjadi lokasi wisata bagi masyarakat," sambungnya.

Usai melepas para peserta, Walikota Binjai bersama Kapolres,  Ketua TP PKK dan jajaran PNS Kota Binjai menyusuri sungai dengan menggunakan perahu milik BPBD Binjai untuk memantau langsung kegiatan   lomba.